Lompat ke konten

Integrasi, Kolaborasi dan Maju Bersama Kunci Keberhasilan Madrasah Terpadu

Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI, Dr. Suwardi, M.Pd memberikan pembinaan madrasah unggulan terpadu di kabupaten Jepara, Sabtu 8 April 2023. Kegiatan yang berlangsung di aula MTs N 1 Jepara ini diikuti oleh 211 peserta terdiri dari tenaga pendidik MIN 2 Jepara, MTs N 1 Jepara dan MAN 1 Jepara sebagai upaya memberikan pemahaman Madrasah terpadu dalam implementasi kurikulum merdeka (IKM).

Dalam penjelasannya Suwardi menekankan pentingnya memahami esensi kurikulum merdeka bagi pengembangan pembelajaran di madrasah.

“Implementasi kurikulum merdeka pada madrasah memberikan ruang bagi pendidik untuk berinovasi dan fleksibel dalam mengelola pembelajaran. Madrasah mempunyai otonomi pengelolaan kurikulum sehingga tercipta ruang untuk pengembangan diri dan penguatan karakter melalui proyek P5 PPRA,” ujar suwardi.

“Sebuah langkah hebat dari stakeholder membentuk madrasah unggulan terpadu. Ini satu-satunya madrasah terpadu di Jepara, bahkan di Jawa Tengah. Madrasah terpadu adalah langkah maju mengintegrasikan pendidikan di tingkat dasar dan menengah sehingga tercipta kontinuitas dan harmonisasi pembelajaran kurikuler maupun ekstra kurikuler. Kunci kesuksesan madrasah terpadu adalah IKM, Integrasi, Kolaborasi dan Maju Bersama,”imbuhnya.

Senada dengan Suwardi, Kankemenag Kab Jepara, Muh Habib menyambut gembira madrasah terpadu di kabupaten Jepara. “Setelah nota kesepahaman atau MoU yang beberapa waktu lalu kita tandatangani, sekarang saatnya MIN 2 Jepara, MTs N 1 Jepara dan MAN 1 Jepara bersinergi dalam bingkai madrasah unggulan terpadu menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas serta menjadi dambaan masyarakat, ” pesan Habib.

Setelah memberikan sambutan, Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi didampingi Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kemenag Jateng, Kasi Penmad Kab Jepara, Kepala MIN 2 Jepara, MTs N 1 Jepara dan MAN 1 Jepara menekan tombol sebagai tanda diresmikannya madrasah unggulan terpadu di kabupaten Jepara.

Semoga pendidikan di Jepara, khususnya pendidikan madrasah semakin maju mencetak generasi yang cerdas, inovatif dan berahlakul karimah.

Madrasah unggulan terpadu bersinergi mewujudkan generasi berbudi mandiri berprestasi. (rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Bawu Batealit KM 7 Jepara.
Kabupaten Jepara – Jawa Tengah, Kodepos, 59461
Telp : (0291) 596090
Email : man1jepara@gmail.com

Polling

Visitor
Total : 69.075.831
Bulan ini : 3.945
Hari ini : 637
Saat ini : 33

Copyright MAN 1 Jepara 2022. All Right Reserved

%d blogger menyukai ini: