JUARA INTERNASIONAL

Sebanyak enam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara yang berprestasi pada kompetisi matematika internasional, Hongkong International Mathematics (HKIMO) 2019 menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke-73 di Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Semarang.Keenam siswa tersebut adalah Mifta Rizqina Ayu Soffa (perak), Faisal Ulin Alamsyah (perak), Lu’lua Fadilla Zain (Perak), Robi’a Ilmi Dzakkiyah (perunggu), Uswatul Qodriyah (perunggu), dan Asfiatul Maulidiyah (perunggu). 

Dalam sambutannya, Ganjar Pranowo memberikan apresiasi dan  turut berbangga atas prestasi siswa madrasah yang mendunia, tidak kalah dari siswa sekolah umum. Gubernur juga menegaskan bahwa siswa madrasah tidak perlu berkecil hati, sebab saat ini, penyelenggaraan pendidikan di madrasah mengalami peningkatan yang sangat signifikan, baik dalam bidang sarana prasarana, kurikulum, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.  Siswa madrasah  mampu bersaing dengan sekolah umum di bawah naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Senada dengan Ganjar, kepala MAN 1 Jepara, Ahmad Rif’an menyatakan bahwa prestasi  adalah kebanggan madrasah. “Kami menyiapkan siswa yang akan berkompetisi dengan memberikan program pembimbingan secara intensif. Semangat bersaing di bidang akademik dan non akademik, terus kami gaungkan. Salah satunya adalah dengan mencanangkan program GEMATI, Gerakan Madrasah di Hati, agar para siswa mempunyai kebanggaan, bersekolah di Madrasah, “Ujar Rif’an.
Selanjutnya, para siswa yang berprestasi tersebut kembali menjalani program pembimbingan guna manghadapi ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan undangan lomba dari beberapa perguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *