Melalui Riset, Pelajar MAN 1 Jepara Sukses Raih Medali Nasional (lagi)

Jepara (man1jepara.sch.id) – Tim Riset MAN 1 Jepara yang tergabung dalam kelompok karya tulis ilmiah remaja MRC berhasil mengukir prestasi nasional. Kali ini datang dari ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (sayembara Sejarah) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Universitas Negeri KH. Achmad Siddiq Jember tahun 2021.

Menurut ketua tim, Millati yang didampingi rekannya, penelitian ini merupakan tinjauan historis peninggalan kebudayaan islam di Jepara sebagai salah satu upaya revitalisasi sejarah kebudayaan islam di Indonesia. Yang menjadi obyek kajian adalah kawasan Mantingan sebagai kawasan cagar budaya dan representasi perkembangan islam di Jepara. “Hasil diskusi dengan guru pembimbing, maka kami memutuskan untuk melakukan penelitian ilmiah tentang perkembangan islam di Jepara, terutama di Desa Mantingan” ungkap Millati.

Millati Islami Hanifa dan Rama Adi Nugraha, keduanya siswa kelas X IPS 1 sukses menjadi juara 1 yang dibimbing oleh Sulistya Putri, M. Hum.

Bu Sulis sapaan akrabnya “Meski tertatih-tatih terutama dalam proses persiapan presentasi, anak-anak tetap mengupayakan hasil terbaik, minimal untuk diri mereka sendiri, dan alhamdulillah mereka berhasil menjadi juara 1 dalam lomba ini”.

Siswa MAN 1 Jepara juga menorehkan prestasi lain sebagai juara 3 Tidar Matehematic Competition (TEMATIC) III tingkat Nasional Tahun 2021 atas nama Sakinatul Mufadah kelas XII MIPA 4 di Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang dan juga juara harapan 1 dalam Lomba Enviro Paper Competition (EPTION) 2021 di Universitas Diponegoro Semarang, atas nama Ummi Farichatul Masykuroh, Fera Sakinah Al-Ahad, dan Nambella Septi Prasetya Kelas XII MIPA 2.

Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. Ah Rif an, M.Ag. memberikan apresiasi yang positif terhadap prestasi yang ditorehkan para siswa tersebut. “Tim MRC dan MSC harus dapat menggali potensi siswa yang selama ini tidak terdeteksi dan dikembangkan secara masif untuk meraih prestasi”.

“Sebagai upaya memajukan MAN 1 Jepara pada bidang riset, hasil capaian ini dapat dijadikan tolak ukur dan bahan evaluasi tim MRC guna menentukan strategi riset di Madrasah. Terima kasih untuk anak-anak yang telah mengikuti kompetisi diberbagai ajang, Selamat dan terus semangat berkarya untuk anak-anak MAN 1 Jepara” tuturnya. (zk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *