LAGI-LAGI, MAN 1 JEPARA RAIH MEDALI EMAS LOMBA MATEMATIKA TINGKAT NASIONAL

INFO MAN 1 JEPARA – Setelah beberapa hari yang lalu, Siswa MAN 1 Jepara mempersembahkan 11 medali (Emas, Perak dan Perunggu) kali ini Prestasi itu terukir kembali dengan perolehan Medali Emas pada event Lomba Matematika Tingkat Nasional “Madrasah Olympiad Contest (MOC) Tahun 2020 oleh siswa atas nama Dimas Yudha Saputra, Siswa MAN 1 Jepara kelas XI IPA.

Ajang Madrasah Olympiad Contest (MOC-20) yang digelar pada 12-13 September 2020 secara online.
“Alhamdulillah, Ananda Dimas berhasil meraih medali emas setelah menyisihkan hampir 1520 peserta. Prestasi ini sangat luar biasa, karena di pagi harinya Dimas harus mengikuti lomba di UNPAD dan dilanjutkan sore harinya mengikuti MOC-20”, terang pembimbing MSC MAN 1 Jepara, Alamul Huda, S.Pd .

Sementara Bapak Nur Arifin selaku orang tua Dimas, mengaku kaget sekaligus bangga dengan prestasi yang diraih anaknya. Menurut Nur Arifin, kebanggaannya semakin terasa karena dia merasa bahwa pilihan  untuk menitipkan pendidikan  anaknya di MAN 1 Jepara tidaklah keliru. Selain belajar agama, di MAN 1 Jepara anak-anaknya juga belajar dan dilatih ilmu sains.
“Saya terharu, saya melihat langsung di rumah, Dimas sibuk mengerjakan soal-soal” tuturnya singkat.

MOC-20 ini diselenggarakan oleh lembaga independen yang bergerak didunia pendidikan khususnya kompetisi sains Edukasi Campus (EduCamp). Alasan utama diadakannya event Madrasah Olympiad Contest 2020 (MOC-20) ini, merupakan rujukan dari surat Kementrian Agama Republik Indonesia, yaitu pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO). Tujuan pelaksanaan KSM adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat di bidang sains, sehingga para siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan bidang ilmu yang diminatinya. Kegiatan ini juga sekaligus dapat membentuk sikap/karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, kreatif, serta menjalin persahabatan dan berbagi pengalaman (sharing) antar sesama siswa sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Sementara itu, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum, Tafrikan, S.Pd. menuturkan dalam ajang kompetisi ini banyak beberapa bidang studi yang diikutsertakan. Capaian anak-anak patut kami apresiasi yang setinggi-tingginya, sehingga madrasah memberikan dukungan penuh terhadap prestasi anak. Madrasah akan memfasilitasi kegiatan anak yang memacu prestasi demi tercapainya madrasah hebat bermartabat, tuturnya.

Dukungan senada juga disampaikan Kepala MAN 1 Jepara, Bapak Drs. H. Ahmad Rif an, M.Ag. Beliau menilai prestasi yang diraih siswa juga berkat dukungan dan bimbingan yang penuh intens dari berbagai pihak, yaitu dari orang tua dan dewan guru harus memberikan mentoring agar para siswa terus menorehkan prestasi di berbagai bidang. Kemudian, setelah mereka meraih prestasi, siswa juga harus bisa mempertahankannya, tandas Pak Rif an. (tg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *