RUMPUN PAI-BHS ARAB MAN 1 JEPARA, LAKSANAKAN MGMP BERSAMA SESUAI AMANAH KMA NOMOR 183 TAHUN 2019 KE BANYUMAS

INFO MAN 1 JEPARA – Dalam rangka peningkatan Profesionalisme Sumber Daya Guru Mata Pelajaran Pendidikan (PAI) dan Bahasa Arab melaksanakan kegiatan perdana berupa Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Tahun Pelajaran 2020/2021 selama dua hari, Jum’at – Sabtu, 18 hingga 19 September 2020 di Banyumas Purwokerto Jawa Tengah.

MGMP yang dilaksanakan kali ini adalah merupakan kegiatan gabungan antara PAI dan Bahasa Arab sesuai Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 183 tahun 2019 bahwa Mata Pelajaran Bahasa Arab yang sebelumnya bergabung dengan Rumpun Bahasa serta terpisah dari PAI. Setelah terbit KMA 183 tersebut Bahasa Arab bergabung menjadi satu dengan mata pelajaran PAI serta masuk ke Rumpun PAI.

Dalam KMA No. 183 menetapkan bahwa Kurikulum Pendidikan Agama dan Bahasa Arab pada Madrasah merupakan bagian tidak terpisahkan yang dijadikan acuan bagi madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelenggarakan pendidikan di madrasah mulai tahun pelajaran 2020/2021.

Berdasar KMA No. 183 itulah, kemudian Pengurus MGMP PAI-Bhs Arab MAN 1 Jepara mengadakan rapat bersama para anggota guna membuat kegiatan bersama dilaksanakan pada hari Sabtu, 12/9 di ruang Multi Media. Dalam rapat tersebut disepakati bahwa untuk mengimplementasikan KMA 183 akan dilaksanakan MGMP ke luar kota tepatnya di Banyumas.

Ketua MGMP PAI, Drs. Akhmad Yazid, MM dalam pers rilisnya, mengatakan dipilihnya Banyumas adalah karena di samping kotanya yang sejuk sekaligus dapat sowan ke Al-Habib Syekh Muhammad Nizar guna mendapatkan barokah dari seorang habib sekaligus melakukan wisata religi, tutur Bapak Yazid.

Dalam kegiatan MGMP PAI-Bhs Arab ini diikuti oleh 9 orang yang merupakan perwakilan dari 16 anggota Rumpun yang ada, berangkat hari Jum’at dan pulang kembali ke kota ukir Jepara hari Sabtu tengah malam.

Semoga dengan dilaksanakan kegiatan MGMP PAI-Bhs Arab ini, dapat menjadikan Ghiroh (semangat) guna melaksanakan Habituasi Perilaku Islami di MAN 1 Jepara. (admin/skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *