MAN 1 JEPARA GELAR “KHATAMAN QUR’AN DAN PEDULI YATAMA” RANGKAIAN HUT RI KE 75 DAN TAHUN BARU ISLAM 1442 H

INFO MAN 1 JEPARA – Agenda Kegiatan dalam rangka Mengisi HUT RI ke-75 dan Pergantian Tahun Baru Islam 1442 H, Madrasah Aliyah Negeri 1 Jepara Menggelar beberapa Kegiatan diantaranya adalah Tahtimul Qur’an dan santunan YATAMA yang hari ini (Sabtu,29/08) bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1442 H digelar di masjid “Quba MAN 1 Jepara”.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial terutama siswa/siswi agar dapat merasakan kekurangan atau ketidakberuntungan yang dialami oleh teman-teman ikut berempati dengan cara menyisihkan sebagian uang sakunya kemudian dari OSIS mengadakan pengumpulan santunan YATAMA yang disalurkan kepada siswa/siswi MAN 1 Jepara yang membutuhkan.

Kegiatan ini dilaksanakan di MAN 1 Jepara yang dimulai pada pukul 09.00-selesai. Yang diikuti oleh seluruh komponen MAN 1 Jepara. Inisiator kegiatan ini adalah dari program kerja OSIS dibidang humas kepedulian sosial.

Dalam sambutan dan arahannya , Kepala MAN 1 JEPARA Bapak Drs. H. Ah. Rif an, M.Ag menyampaikan bahwa Kegiatan ini memiliki pesan yang mendalam kepada kita agar menjadi orang yang senantiasa peka terhadap segala hal baik Hamlum Minannas dengan peduli (empaty) kepada orang orang yang memerlukan perhatian dan uluran bantuan rejeki dan Hablum Minallah yaitu upaya kita dengan sungguh-sungguh untuk mengerjakan ibadah, baik ibadah mahdhoh maupun ghoiru mahdhoh.

Dana yang terkumpul yaitu sebesar Rp.19.000.000,00 yang diberikan kepada 38 siswa yang kurang beruntung. Penggalangan dana dilakukan dengan cara COD karena mengikuti trend sekarang. Dari 33 anggota OSIS bergerak semua membuat pos-pos dibeberapa kecamatan selama sekitar 5 hari.

“Kegiatan ini sangat positif dan semoga saja bisa terus berjalan meningkat tidak hanya dikuantitas tetapi juga dari rasa kepedulian dari siswa MAN 1 Jepara. Jadi kedepannya tidak hanya siswa MAN 1 Jepara sebagai penerimanya tetapi juga bisa untuk masyarakat sekitar dan panti asuhan serta anak yatim yang diluar madrasah, meringankan beban mereka”ucap Bapak Rofiq Prihanto, S. Pd selaku Wakamad Bidang Kesiswaan.

Alhamdulillah dalam acara ini tidak ada kendala semua berjalan dengan lancar dan kemajuan teknologi dan IT yang sekarang ini sangat pesat memang dimanfaatkan oleh anak-anak OSIS yang berinteraksi melalui whatsapp grup dan media sosial lainnya sehingga pelaksanaan kegiatan ini terutama dalam pengumpulan dana bisa berlangsung dengan lancar.

Kesan dan pesan dari kegiatan ini yaitu,semogakegiatan ini terus berlanjut ketahun tahun berikutnya,semoga antusiasme siswa siswi MAN 1 JEPARA bisa bertambah lagi.

Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu semoga bisa meningkat dari waktu kewaktu,semoga tahun depan bisa meningkat,tidak hanya dari kuantitas tapi juga kualitasnya. (adm/SILVI-SILVIANA)