MAN 1 JEPARA GELAR MATSAMA VIRTUAL

www.man1jepara.sch.id. MAN 1 Jepara gelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2021/2020 secara virtual. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari, Senin-Rabu, 12-14 Juli 2021 resmi dibuka oleh Drs. H. AH RIF’AN, M.Ag di ruang Multimedia MAN 1 Jepara (Senin, 12 Juli 2021).


Dalam sambutannya Drs. H. AH. RIF’AN, M.Ag, menyampaikan kepada seluruh warga MAN 1 Jepara untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan tidak pula lupa menerapkan perilaku habituasi islami dalam menjalankan segala aktivitas.


“Melalui kegiatan MATSAMA virtual ini, tiga hal yang akan saya sampaikan kepada seluruh warga MAN 1 Jepara terutama siswa baru tahun pembelajaran 2021/2022. Pertama, semua warga MAN 1 Jepara senantiasa tidak kendor dalam mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah dan menanamkan 5 nilai dasar yang terkemas dalam perilaku habituasi islami di setiap aktivitas. Kedua, semua warga harus mampu menjadi pembaharu sebagai upaya meningkatkan prestasi baik tingkat lokal, regional, maupun nasional, dan Ketiga, Gemati sebagai wujud gerakan Madrasah di hati yang di dalamnya mengandung target-target Madrasah, dan semua target-target tersebut harus dicapai dengan berkolaborasi antar elmen yang ada di MAN 1 Jepara”, tuturnya.


Kegiatan MATSAMA siswa baru ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor b-189/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/06/2021 tertanggal 21 Juni 2021 mengenai Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Tahun 2021. MATSAMA Tahun 2021 mengusung tema “Menumbuhkan Semangat Riset, Manggapai Puncak Prestasi”. Tujuan umum yang hendak dicapai dalam kegiatan ini adalah mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi mereka untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya; menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada para peserta didik baru untuk belajar bersama dan mencintai serta menjaga nama baik almaternya; dan menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter ke-Indonesia-an kepada para peserta didik baru. Sedangkan tujuan khususnya adalah memperkenalkan keunggulan-keunggulan MAN 1 Jepara baik dari keunggulan riset, keunggulan akademik, maupun keunggulan non akademik.


Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Rofiq Prihanto, S.Pd, saat dihubungi via telepon menyampaikan bahwa MATSAMA dilaksanakan secara virtual. Tehnisnya masing-masing pemateri disediakan link zoom metting dan live IG OSIS MAN 1 Jepara, kemudian peserta didik dengan didampingi wali kelas mengikuti kegiatan zoom atau live IG tersebut di rumah masing-masing. (admin/tgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *