TIM MRC MAN 1 JEPARA RAIH SILVER MEDAL INTERNATIONAL

MAN1Jepara.sch.id. Tim MRC MAN 1 Jepara unjuk prestasi di ajang kompetisi World Science, Enviroment and Enginnering Competition (WSEEC) 2021 yang berlangsung secara online dan offline dari bulan Maret – Juni 2021. Pada kompetisi ini Tim MRC mendelegasikan Devi Widuri Wijayanti dan Endah Dwi Anggraeni siswi kelas XI MIPA 3. Dari 21 Negara dan 288 peserta kompetisi ini, Tim MRC MAN 1 Jepara memperoleh Silver Medal untuk kategori life Science.


“World Science Environment and Engineering Competition (WSEEC)” ini diselenggarakan oleh IYSA dan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia bekerjasama dengan Malaysia Innovation, Invention and Creativity Association, Alpha Science Educational Project Turkey, Department of Food Science and Teknologi IPB, Jurusan Ilmu Aktuaria ITS, LPPM Universitas Negeri Medan. Acara ini sebagai wadah pembelajaran yang tepat untuk membina generasi muda.


“Alhamdulillah kami sangat bersyukur karena di tengah pandemi yang meningkat seperti saat ini, anak-anak MRC tidak kehilangan semangatnya untuk terus belajar dan mengharumkan nama MAN 1 Jepara pada kancah Internasional. Keberhasilan Tim MRC ini membuktikan bahwa kelompok-kelompok belajar siswa yang digarap dengan serius termasuk kurikulum dan sistem pembinaan yang disiapkan dengan matang, Insya Allah karakter ilmiah akan terbentuk dan lebih tahan lama pada diri siswa-siswi. Selamat untuk ananda Devi dan Ananda Endah, mudah-mudahan ilmunya barokah dan terus bergerak ukir prestasi.” tutur Drs. H AH RIF AN, M.Ag (selaku Kepala MAN 1 Jepara).
Sementara itu saat dihubungi oleh tim virtual, Devi dan Endah mengungkapkan perasaan bahagia dan tidak menyangka atas capaian prestasi pertama tingkat Internasional meski dengan persiapan yang minim.


“Persiapan kami saat mengikuti kompetisi ini terbilang terlambat, karena kami juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti PAT. Tetapi kami tetap semangat untuk maju ikut kompetisi. Alhamdulillah dengan pendampingan dari bapak ibu pembimbing mulai dari persiapan materi-materi hingga persiapan presentasi jika ada kekurangan langsung diarahkan” ujar Endah. “Yang ada dalam pikiran kami adalah bagaimana melaksanakan tugas yang diberikan kepada kami secara optimal. Kita pasti bisa untuk MAN 1 Jepara. Bahkan ketika awarding kami pun masih nggak nyangka kalau hasil dari apa yang kita lakukan ini mendapat silver medal dari para juri. Terima kasih juga untuk tim ECC yang telah membantu kelancaran kami dalam berbahasa Inggris. Ke depan, adik-adik Tim MRC raih gold medal yang lebih banyak. Kita pasti bisa dan semangat untuk semua” ungkap Devi menyambung tutur Endah.


Aktivitas-aktivitas ilmiah merupakan wujud nyata dari karakter keilmuan, jika dibiasakan tentunya akan menguatkan karakter keilmuan tidak hanya pada skala invidual melainkan juga masyarakat dan bangsa. (admin/tgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *