MAN 1 Jepara SATU – SATUNYA MADRASAH Yang Raih 10 Besar UMC 2020

Jepara – Kompetisi Matematika Terbesar di Pulau Jawa Undip’s Mathematics Competition (UMC) Tahun 2020 dengan Tema “Meraih Mimpi Bersama Matematika” sebagai ajang olimpiade matematika tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA yang diadakan oleh Fakultas Saintek Universitas Diponegoro Semarang.

Lomba yang meloloskan bagi 304 peserta menuju babak semifinal dari tahap penyisihan dari seluruh Pulau Jawa. Penyisihan tersebut dari 10 Wilayah di Indonesia di antaranya Semarang, Pati, Kedu, Surakarta, Pekalongan, Banyumas, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Kepala MAN 1 Jepara, Ahmad Rif’an menuturkan dirinya sangat bersyukur karena pada tahun ini dapat mengirimkan 6 siswanya yang lolos dari penyisihan di tingkat wilayah yang sangat ketat, maju ke tingkat babak semifinal kompetisi matematika yang digelar oleh Universitas Diponegoro ini.

“Ini prestasi yang luar biasa karena enam siswa kami lolos dari penyisihan tingkat wilayah masuk dan maju ke tingkat babak semifinal kompetisi matematika bergengsi yang digelar oleh Universitas Diponegoro, dan ini merupakan kompetisi yang fair,” ujarnya Rif’an saat dikonfirmasi  di Ruang Kerjanya, Senin (10/02).

Ajang olimpiade ini merupakan bukti bahwa siswa madrasah tidak kalah bersaing dengan sekolah lain, siap bersaing untuk menjadi yang terbaik. Kiprah siswa-siswi untuk berkembang dan berprestasi di berbagai bidang, dengan dibimbing oleh tentor-tentor terbaik. Kami harapkan siswa madrasah, khususnya MAN 1 Jepara dapat bersaing dengan sekolah umum.

Siswa-Siswi MAN 1 Jepara yang maju ke UMC sudah mendapatkan persiapan mental dengan pemberian motivasi oleh kepala madrasah dan guru. Mereka dihimbau untuk senantiasa berdoa dan membaca sholawat nariyah usai sholat. Dengan persiapan secara lahir dan batin, diharapkan siswi mampu berkompetisi dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal

Hasil dari UMC Tahun 2020 membawa kabar membanggakan bagi Madrasah Aliyah Negeri 1 Jepara, Di Gedung Proef Soedarto Universitas Diponegoro (09/02) diumumkan  daftar peserta yang memperoleh 10 besar finalis Undip’s Mathematics Competition 2020 tingkat SMA/ Ma yaitu : Fahreezan Sheraz Diyaldin (SMAN 1 Yogyakarta), Ferdinand Halim Santoso (SMAN 3 Surakarta), Muhammad Faiq Fauzi (SMA Semesta), Sania Nadlirotullubba (SMAN 1 Kendal), Muhammad Wildan Khakim As Syafei (SMAN 1 Jepara), Sakinatul Mufadah (MAN 1 Jepara), Fernando Nathaniel Sutanto (SMA Santa Maria 1 Cirebon), Muhammad Fatkhurrohman (SMAN 1 Rembang), Ibrahim Abdullah Azam (SMAIT Al-Uswah Surabaya) dan Fajar Arif Shodiqin (SMA Semesta).

Pembinaan terhadap kegiatan olimpiade matematika akan terus dilakukan lebih intensif lagi, terutama bagi siswa-siswi pilihan dari kelas XII yang akan menghadapi Unas tahun 2020 beberapa bulan ke depan.

“Dalam Lomba Undip’s Mathematics Competition (UMC) Tahun 2020 kemarin, MAN 1 Jepara Prestasinya sungguh membanggakan masuk sepuluh besar menjadi satu-satunya madrasah terbaik di Kompetisi Matematika Terbesar di Pulau Jawa. Siswa madrasah unggul tidak kalah bersaing dengan sekolah lain,” tutup Rif’an (sn/gt)

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *