University Expo 2020

JEPARA – Bidang Kurikulum MAN 1 Jepara bekerjasama dengan Alumni MAN menggelar 1th University Expo MAN 1 Jepara 2020 (UNEXA) dengan tema perguruan tinggi sebagai jembatan menuju kesuksesan. Acara ini berlangsung di Gedung Sport Center MAN 1 Jepara , Sabtu(11/1/2020). Kegiatan tersebut menarik perhatian siswa-siswi MAN 1 maupun KKMA 01 Jepara.

Expo tersebut diikuti 21 perguruan tinggi negeri dan swasta. “Alumni MAN 1 Jepara yang kuliah diberbagai perguruan tinggi diberikan kesempatan untuk menyampaikan informasi, pengalaman, maupun prestasi yang diraihnya. Sehingga dengan informasi tersebut para siswa-siswi khususnya kelas XII dapat menyesuaikan pilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya,” ujar Waka Bidang Kurikulum MAN 1 Jepara, Tafrikan S.Pd.

Lebih lanjut Hamidun Nafi S, S.Pd. selaku staf kurikulum yang mengurusi bidang studi lanjut siswa-siswi MAN 1 Jepara mengatakan acara ini menakjubkan, lebih dari target. Target peserta Expo hanya diikuti dari univeritas-universitas Jawa Tengah, namun alumni yang kuliah di Jawa Timur maupun Madura hadir mengisi dan meramaikan acara ini.

UNEXA 2020  ini diselenggarakan selain sebagai rantai informasi agar para siswa MAN yang hendak meneruskan ke perguruan tinggi ini semakin tau dan memahami yang menjadi tujuan mereka selanjutnya. Selain bisa bertanya langsung pada stan universitas, siswa-siswi juga bisa mendengar penjelasan saat talk show diatas panggung. Karena, setiap stan memang diberi kesempatan mempresentasikan berbagai jurusan, fasilitas dan kelebihan universitas masing – masing.

“UNEXA sangat bermanfaat sekali untuk kami, dengan adanya stan-stan universitas kami jadi semakin tahu fakultas dan jurusan yang ingin kami tuju, selain itu kami juga bisa berbagi pengalaman dengan senior-senior seperti Wilda Ulfiyanti dan Dyah Kholisatun Ni’mah pada acara talk show” jelas Zahrotun Ni’mah Siswi MAN 1 Jepara Kelas XII MIPA 1.

Sementara itu, Bapak Drs. H. AH Rifan, M.Ag selaku kepala MAN 1 Jepara saat ditemui tim jurnalistik setelah membuka acara UNEXA 2020 berpesan “UNEXA selain sebagai wadah penyampaian informasi univeristas juga harus mampu mempererat jalinan kekeluargaan almamater MAN 1 Jepara dengan para alumni dan perwakilan lembaga-lembaga peserta pameran”.

Selain itu acara juga dimeriahkan oleh penampilan AA Band, Band siswa-siswi MAN 1 Jepara Karena, acara ini sangat bermanfaat semoga tahun depanUNEXA bisa kembali diselenggarakan.(Tgh/sn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *