MATSAMA VIRTUAL MAN 1 JEPARA

JEPARA – Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Aliyah (MATSAMA) peserta didik baru MAN 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021 telah dimulai. MATSAMA secara resmi dibuka oleh Kepala MAN 1 Jepara, Drs. H. AH RIF AN, M.Ag di ruang Multimedia, Senin (13/7/2020). Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun pelajaran 2020/2021 ini dilaksanakan sesuai dengan Panduan yang diterbitkan Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

 “Selamat datang kepada peserta didik baru Tahun Pelajaran 2020/2021, walaupun anak-anak yang hadir pada kegiatan ini adalah perwakilan dari yang lain. MATSAMA tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, kami akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada anak-anak semua karena orang tua yang telah mempercayakan kepada MAN 1 Jepara. Kami tidak akan mengurangi bobot kualitas, agar harapan-harapan Madrasah, orang tua dan kalian tercapai. Sehingga anak-anak memiliki karakter dan budaya islami, disiplin, berjiwa tangguh, dan berdaya saing. Oleh karena itu, harapan kami menunggu torehan prestasi dari 400-an siswa yang diterima tahun ini, untuk menjadikan MAN 1 Jepara semakin membanggakan dan dibanggakan hebat bermartabat”, tutur Bapak Drs. H. AH RIF AN, M.Ag, saat memberikan sambutan pemukaan MATSAMA.

MATSAMA di MAN 1 Jepara tahun ini mengusung tema  “Mengenal Madrasah di Tengah Pandemi”. Saat diwawancarai Tim Rainbow, Pembina OSIS MAN 1 Jepara, Zaenudin Khabib, S.Pd, menjelaskan Kegiatan ini dilaksanakan dengan memperhatikan anjuran protokol kesehatan dari pemerintah. Maka, kegiatan dilaksanakan secara virtual.  Peserta didik belum bisa bertatap muka dengan bapak ibu guru pendidik dan tenaga kependidikan di madrasah. Dengan cara virtual tersebut, kegiatan ini  memiliki tujuan mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada peserta didik. Sehingga dengan mengenal madrasahnya meski virtual, setelah pandemi ini usai mereka (peserta didik) memiliki rasa bangga, nyaman, dan aman dalam mengembangkan potensi diri dan kemampuannya di MAN 1 Jepara.

Materi-materi pada kegiatan ini disajikan secara online/daring. Siswa baru dapat melihat atau mendownloadnya melalui Instagram MAN 1 Jepara dan Youtube OSIS MAN 1 Jepara. Berbagai materi yang disajikan diantaranya sejarah keberadaan MAN 1 Jepara, model-model pembelajaran, karakter-karakter agamis di MAN 1 Jepara, dan pengolahan sampah sebagai wujud program GEMATI (Gerakan Madrasah Di Hati).

Pelaksanaan MATSAMA di MAN 1 Jepara secara virtual ini tidak lepas dari motto Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Dirjend Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu mencetak generasi “Hebat dan Bermartabat”; generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter ke-Indonesia-an (tg).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *