MENINGKAT LOLOS DI SNMPTN 2021, SISWA MAN 1 JEPARA

MAN 1 Jepara – Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 sudah diumumkan serentak secara nasional pada hari Senin, 22 Maret 2021, yang dimulai pukul 15.00 WIB  melalui laman pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.

Pada kesempatan SNMPTN kali ini Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara yang lolos masuk ke PTN jumlahnya meningkat 55% dibanding tahun 2020 sebelumnya. Saat ini siswa kelas XII MAN 1 Jepara yang lolos di jalur SNMPTN adalah sebanyak 20 orang siswa ke berbagai Perguruan Tinggi Negeri Favorit seperti Fakultas Kedokteran UNDIP, Fakultas Tehnik UNSOED, Prodi Biologi UNNES, Fakultas Tehnik UNY, Prodi Desain Interior USM, Fakultas Seni ISI Yogyakarta, UIN dan sebagainya PTN di Jawa.

Bahkan di tahun 2021 ini, siswa MAN 1 Jepara ada yang lolos di jalur SNMPTN di luar jawa yaitu UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON MALUKU Prodi Bimbingan Konseling.

Berikut nama siswa MAN 1 Jepara dan PTN serta Fakultas/Prodi pilihan yang dinyatakan lolos pada jalur SNMPTN tahun 2021

Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN, M.Ag, saat diwawancarai tim Humas, menyampaikan rasa bangganya dan apresaiasi yang tinggi kepada 20 orang peserta didik yang dinyatakan lolos diterima di PTN melalui jalur SNMPTN tahun 2021 ini, karena jumlahnya yang meningkat secara signifikan yaitu mencapai 55% dibanding tahun 2020 sebelumnya.

“Tahun ini ada peserta didik yang diterima pada Fakultas Kedokteran UNDIP. Bahkan, tahun 2021 ini ada yang diterima kuliah di luar jawa. Ini menandakan bahwa lulusan alumni MAN 1 Jepara siap menyebar dan berkreasi ke seluruh penjuru Indonesia”, tegas Rif an.

“Selamat dan Sukses kepada 20 orang siswa yang lolos SNMPTN 2021, saya mewakili seluruh sivitas Akademika MAN 1 Jepara”, tutur Rif an.

Lanjut Rif an, “saya berpesan kepada kalian semua, kebanggan itu tidak hanya cukup bahwa Anda telah lolos SNMPTN saja, namun masih ada tugas yang kalian harus emban yaitu pada saat kalian masuk ke dunia perkuliahan di kampus masing masing-masing, disitulah tugas real kalian untuk dapat menunjukkan bahwa kalian adalah alumni dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Jepara. Dimana, kalian semua harus menjadi tauladan dalam segala hal seperti Aplikasi Perilaku Habituasi Islami, Mahasiswa yang cerdas, Peka tidak “Pekok”, menimba ilmu sebanyak-banyaknya baik sesuai spesialisasi disiplin keilmuan di Fakultas atau Prodi masing-masing maupun melaui organisasi-organisasi kemahasiswaan. Agar kalian kelak menjadi “Sarjana Plus” yaitu seoarang sarjana yang multi talenta dan siap bekerja dan berkarya dimana saja kalian berada”, pinta Rif an saat brifing dan temu 20 orang siswa lolos SNMPTN yang berlangsung di ruang Multi Media.

Masih Pinta Rif an, “carilah pondok pesantren terdekat dari kampus kalian masing-masing, jangan mengidolakan ingin tinggal di Kos-kosan, dengan memilih tinggal di pesantren berarti kesempatan untuk Tahfidz (program hafalan Qur’an), kajian kitab kining, disiplin memanfaatkan waktu dan khususon kompetensi Perilaku Habituasi Islami semakin meningkat dan semakin lebih baik”.

Sementara Tafrikan sebagai ketua Tim Study Lanjut yang sekaligus sebagai Waka. Urusan Kurikulum menegaskan bahwa “usaha dan upaya serta bimbingan perhatian yang sungguh-sungguh dari tim study lanjut MAN 1 Jepara selama tahun 2021 ini, Al-hamdulillah membuahkan hasil, yaitu dengan meningkatnya sekitar 55% siswa yang lolos melalui jalur SNMPTN walaupun suasana pandemi covid 19 masih menyelimuti kegiatan bimbingan belajar mengajar”, terang Tafrikan.

“Kita (Tim Study Lanjut), akan tetap selalu mengadakan evaluasi dan perbaikan pada program kegiatan pembelajaran, bimbingan dan pelayanan kepada peserta didik khususnya kelas XII dimasa-masa yang akan datang”, ujar Tafrikan yang didampingi Saudara Hamidun sebagai anggota Tim.(admin/skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *