PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ NABI SAW DAN SANTUNAN YATAMA, WUJUD SYUKUR MAN 1 JEPARA JELANG HUT KE-28

MAN 1 Jepara — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara dalam memaknai jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28 yang jatuh pada tanggal 25 Maret 2021 ini dengan mengadakan berbagai macam kegiatan yang dikelompokkan menjadi dua (2) kategori, yaitu Pertama bidang Olahraga (Kesehatan & Kebugaran), dan Kedua bidang Rohani dan Sosial.

Khusus kategori bidang Rohani dan Sosial, kemarin hari Kamis, 18 Maret 2021 diselenggarakan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw dengan dirangkai santunan kepada anak Yatim, Piatu, Yatim Piatu dan Du’afa terhadap 28 ora siswa yang masuk kriteria dimaksud. Kegiatan Rohani (Religius) yang dipusatkan di Masjid Quba MAN 1 Jepara ini diselenggarakan tetap dengan penerapan Prokes (Protokol Kesehatan) karena masih dalam masa Pandemi dihadiri oleh semua Guru, Pegawai, Ketua-ketua Kegiatan Ekstrakurikuler seperti OSIS, PMR, PRAMUKA, IRMAS, JURNALISTIK, TEATHER, dan perwakilan siswa/siswi yang tinggal di Asrama (Boarding) “Al-Fikra”.

Peringatan Isra Mi’raj dan Santunan YATAMA ini dimulai pukul 08.30 WIB yang didahului dengan lantunan pembacaan Ayat Suci Al Quran Surat Al Isra’ ayat 1-5 oleh santri Boarding dilanjutkan dengan Sambutan Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN, M.Ag yang sekaligus bertindak sebagai Penceramah Hikmah Isra Mi’raj yang ditempatkan pada acara ke-2 (seharusnya disposisi acara terakhir) karena beliau ada agenda Dinas Luar.

Dalam penyampaian hikmah Isra Mi’raj Kyai Haji Ah Rif an sekaligus sebagai Kepala Madrasah memberikan uraiannya dengan menguraikan Makna dan pentingnya momentum Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw pada 3 tema penting yang dapat kita ambil sebagai seorang Muslim, sebagai seorang Pengajar, sebagai seorang pencari ilmu dari peristiwa Perjalanan Semalam yang dilakukan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw tersebut.
Tema Pertama, Manajemen Waktu.
Tema Kedua, Manajemen Perubahan.
Tema Ketiga, Manajemen Keimanan dan Ketaqwaan.

Manajemen Waktu, merupakan wujud implementasi terhadap oleh oleh Isra Mi’raj Nabi Saw yaitu tentang Sholat yang diperintahkan langsung oleh Allah Swt karena Sholat adalah suatu perbuatan yang wajib dikerjakan setiap Muslim sesuai waktu yang telah ditentukan (Q.S Al Baqarah : 238), jelas Kyai Rif an.

“Sebagai seorang Pelajar/Siswa untuk menggapai cita cita menjadi orang yang sukses, hebat, berhasil dan bisa bermanfaat bagi orang lain diantara kunci penentunya adalah bisa menerapkan manajemen waktu sebaik baiknya”, imbuh Kyai Rif an.

Dalam rangkaian sholat, juga ada terapi air, sebagaimana beliau kutip dari buku karangan Dr. Suhardi tentang Psikologi Sholat dan Terapi Air, Berwudhu adalah terapi air yang dapat menyehatkan jasmani dan rohani seseorang sekaligus sebagai syarat sahnya sholat.

Tema Kedua, Manajemen Perubahan.
Dengan kita sholat setiap hari 17 rakaat di tambah dengan dzikrullah sehabis sholat (tidak LAMCING, sehabis salam langsung plencing, pergi), maka seseorang akan mengalami perubahan baik secara kontemplasi dan eksaltasi dimana secara vertikal kepada Allah swt dan secara horizontal kepada sesama manusia.

“Siswa MAN 1 JEPARA harus senantiasa bisa berubah menjadi yang terbaik, dari yang biasa biasa saja menjadi orang yang Luar biasa baiknya, orang yang sentiasa mau berubah menjadi lebih baik berarti dia kategori orang yang beruntung” imbuh Kyai Rif an.

Tema Ketiga Manajemen Keimanan dan Ketaqwaan.
Terhadap peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw kita wajib mempercayainya atas kejadian perjalanan dari masjidil haram ke masjidil Aqsha terus lanjut ke Shidratil Muntaha yaitu ke langit lapisan / tingkat tujuh ditempuh dalam waktu semalam. Secara logika dengan kecanggihan peralatan udara apapun tidak akan bisa. Ini wajib kita yakini dengan kepatuhan bahwa itu benar benar terjadi dan kuasa Allah Swt.

Diakhir ceramahnya Kyai H. Rif an, (Kepala MAN 1 Jepara) mengingatkan berkaitan Hari Ulang Tahun ke 28 MAN 1 JEPARA berdasarkan SK Penegerian tanggal 25 Maret 1993 berarti usia 28 tahun adalah usia yang matang (tumbuh, berkembang, berbuah dan berbunga) ibarat tumbuhan sudah NGREMBOKO.

“Usia 28 tahun berarti Madrasah yang memiliki akar yang kuat karena akarnya kuat berarti saatnya MAN 1 JEPARA semakin tumbuh cabang, ranting, daun, berbunga dan berbuah prestasi, kemajuan dan kejayaan”, harap Rif an.

Gelaran giat dalam PHBI Isra Mi’raj dan Santunan YATAMA diisi dengan kegiatan Khataman Al Qur’an oleh Guru, Pegawai dan Siswa, Pembacaan Al-Barjanji, Tahlilan, serta tampilan grup Rebana Al-Khaidir MAN 1 Jepara dan Rebana Al-Fikra Boarding. (admin/skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *