Meriah, Peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional di MAN 1 Jepara.

Dalam rangka memperingati hari santri nasional dan maulid Nabi Muhammad SAW, MAN 1 Jepara menyelenggarakan rangkaian
kegiatan meliputi senam dan jalan sehat, Sholawat Nabi, dan sebagai puncaknya, Upacara Hari Santri Nasional. Kegiatan berlangsung pada 19 dan 22 Oktober 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Rangkaian kegiatan dibuka senam dan jalan sehat pada 19 Oktober 2021. Peserta tidak hanya dari guru dan pegawai MAN 1 Jepara, tetapi juga dari MTs N 1 Jepara dan MIN 2 Jepara. Hal ini menandakan dimulainya program madrasah negeri terpadu di kecamatan Batealit. Menurut kepala MAN 1 Jepara, Drs. H Ah Rifan, M.Ag, senam dan jalan sehat adalah awal dari jalinan komunikasi serta sinergi ketiga madrasah negeri tersebut.
“Selain membuat badan jadi bugar, para peserta diharapkan saling bersilaturahmi dan dapat menjalin komunikasi guna langkah awal pembentukan madrasah negeri terpadu. Kelak, baik MIN, MTsN dan MAN 1 Jepara akan menjadi satu kesatuan yang berkesinambungan, baik dibidang pembelajaran, kurikulum, sarana prasarana serta pengelolaan menuju madrasah mandiri berprestasi”, ujarnya.

Acara dilanjutkan malam harinya dengan Sholawat Nabi yang dihadiri perwakilan siswa, segenap guru dan pegawai, komite dan tokoh masyarakat. Siswa yang tidak dapat hadir secara langsung dapat mengikuti via live streaming di kanal sosial media madrasah. Meskipun dilaksanakan secara terbatas, namun tidak mengurangi kehidmatan. Ditambah lagi, alunan grup rebana Al Fikra MAN 1 Jepara dan Hadroh pimpinan Kiai Ahmad Muslim al Hafidz, membuat peserta khusuk melantunkan pujian kepada Nabi Muhammad SAW.

Rangkaian acara peringatan maulid Nabi dan Hari Santri ditutup dengan upacara yang berlangsung Jumat 22 Oktober 2021 dengan peserta terbatas perwakilan kelas dan guru. Bertindak sebagai pembina upacara, kepala MAN 1 Jepara. Dalam amanatnya, Ah Rifan berpesan agar para santri senantiasa menjadi menjunjung tinggi moderasi beragama dan menjadi santri moderat, tidak mudah terpengaruh paham radikal yang tidak sesuai ajaran ahlussunnah wal jamaah.
“Semoga kita bisa mengadakan acara-acara seperti ini di tahun-tahun berikutnya dan juga semoga dapat meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW dan cinta Negeri, memberikan nilai-nilai positif, manfaat serta keberkahan bagi seluruh Keluarga besar MAN 1 Jepara ke depannya,” tutupnya. (RP/ZK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *