MOMENTUM HARI GURU NASIONAL TAHUN 2020, MAN 1 JEPARA DAPAT KADO BEBERAPA MEDALI TINGKAT NASIONAL

INFO MAN 1 JEPARA, Momentum perayaan Hari Guru Nasional tahun 2020 yang jatuh pada hari Rabu, 25 November 2020 ini benar-benar istimewa, pasalnya beberapa siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara kembali menorehkan prestasi yang laur biasa di level Nasional diajang kompetisi Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan oleh  Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) secara Daring (Online) berupa 1 Medali Emas (Gold Medal), 2 Medali Perak (Silver Medal) dan 1 Medali Perunggu (Bronze Medal).

Gelaran lomba yang diikuti kali ini adalah di bidang Astronomi yang menyabet medali emas pada posisi urutan ke 22 se Indonesia yang dipersembahkan oleh siswi Sabila Najwa Kelas XI MIPA-6, bidang Komputer dengan 2 medali perak sekaligus persembahan dari Khoirina Afrina Kelas XI MIPA-3 dan Dimas Yudha Saputra Kelas XI MIPA-3 serta bidang Ekonomi dengan medali perunggunya oleh Kristina Widyaningrum Kelas XI IPS-1.

Informasi prestasi ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama POSI Fahruroji pada hari Ahad, 22 November 2020 serentak di seluruh Indonesia secara online di lamannya cbt.posi.sch.id, dalam siaran pers rilisnya, Fahruroji menyampaikan bahwa ajang kompetisi ini menjadi sarana evaluasi kemampuan para siswa guna mencari bibit-bibit unggul pada bidang sains secara nasional”, papar Direktur POSI.

Team Virtual saat mewawancarai Wakamad Urusan Akademik Tafrikan, S.Pd di sela-sela upacara dalam rangka Hari Guru Nasional 2020 mengatakan, kita sangat bersyukur kepada Allah SWT atas capaian beberapa medali yang dipersembahkan oleh siswa kita di level nasional, sangat bersyukurnya karena dapat kado dengan beberapa medali pas bersamaan pada momentum Hari Guru Nasional. Ini menunjukkan bahwa komitmen Bapak/Ibu guru MAN 1 Jepara untuk selalu membimbing, melatih, mengarahkan dan meningkatkan SDM bagi para siswa masih senantiasa terpatri dalam jiwa, pikiran dan hatinya.

“Bagi MAN 1 Jepara, ajang yang digagas oleh POSI secara Nasional ini sudah sangat banyak mempersembahkan medali bahkan sampai puluhan medali yang ditorehkan oleh siswa-siswi MAN 1 Jepara, ini wujud dari komitmen kami untuk selalu berusaha maju beberapa langkah guna memperbaiki kualitas potensi akademik secara holistik dan menyeluruh bagi steakholder di madrasah ini”, tutur Tafrikan.

Pembina Bidang Ekonomi Ibu Hj. Zulfa Ratnawati. S.Pd., M.Pd dan team secara terpisah saat dihubungi tim Virtual menyampaikan ikut bangga dan senang atas raihan prestasi anak asuhnya walaupun hanya berupa medali perunggu, tetap bersyukur kepada Allah SWT bahwa usahanya yang dilakukan bersama team Mapel Ekonomi guna membimbing dan melatih anak asuhnya selama hampir 2 minggu ini tidak sia-sia, karena tetap masuk peringkat dari ratusan peserta se Indonesia”, ujarnya.

Nama-nama yang berhasil mempersembahkan medali ini semuanya bergabung di MSC (Mansara Sains Club) yang dikoordinir oleh Saudara Hamidun Nafi’ Syifauddin, S.Pd dkk dengan program-programnya yang terjadwal dengan baik sekalipun di masa pandemi covid 19 seperti sekarang ini, agenda bimbingan dan latihan kepada para siswa yang terpilih untuk bergabung di MSC tetap berjalan sebagaimana mestinya dengan sistim Daring (online).

Semoga, dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas dari seluruh warga MAN 1 Jepara prestasi-prestasi dapat dipersembahkan selanjutnya disemua event perlombaan berikutnya, Aaamiin. (admin/skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *