Pimpin Upacara HAB Kemenag Ke-75, Kepala MAN 1 Jepara Ajak Jadi Agen Perubahan

MAN 1 Jepara menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) yang ke-75 Tahun 2021 dengan tema “Indonesia Rukun”. Upacara yang dilaksanakan di Sport Center MAN 1 Jepara tersebut, Kepala MAN 1 Jepara (Drs. H. AH RIF AN, M.Ag) bertindak sebagai inspektur upacara (Selasa, 5 Januari 2021)

Kepala MAN 1 Jepara menyampaikan amanat Menteri Agama RI pada Peringatan Hari Amal Bakti ke-75 ini, beliau mengajak Pendidik dan Tenaga kependidikan agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air sebab kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

“Sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama kita harus jadi agen perubahan kerukunan antar umat beragama, hal ini seperti yang dicita-citakan leluhur kita” tegasnya.

Setelah Upacara selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan acara doa bersama di Masjid Quba’ MAN 1 Jepara. Acara doa bersama yang berlangsung khidmat ini diawali dengan pembacaan sejarah berdirinya MAN 1 Jepara oleh Wakil Kepala Bidang Keagamaan dan Humas MAN 1 Jepara (Drs. Akhmad Yazid, MM).

“Berkembangnya MAN 1 Jepara seperti sekarang ini, tidak bisa dilepaskan dari jasa tokoh-tokoh masayarakat di Desa Bawu dan sekitarnya. Saya sebagai saksi hidup yang ikut menandatangani proses dinegerikannya MAN 1 Jepara, perjuangan para pendiri madrasah ini sangat luar biasa. Kita seyogyanya bersyukur akan kondisi MAN 1 Jepara yang berkembang pesat seperti saat ini” Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Jepara dalam sambutannya menyampaikan tiga hal penting dalam acara doa bersama sebagai rangkaian HAB kementrian Agama Ke-75 ini. Tiga hal tersebut menegaskan kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan di lingkungan MAN 1 Jepara untuk sadar sejarah, memiliki integritas tinggi dalam pelayanan, dan infrastruktur yang baik.

“Tiga hal penting yang akan saya tegaskan dalam acara hari ini, Pertama Pendidik dan Tenaga kependidikan harus sadar sejarah. Utamanya untuk memberikan energi positif dalam rangka pemberian tenaga kita untuk kebesaran madrasah ini. Pendidik dan Tenaga kependidikan harus bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya bukan hanya sekedar mencari nafkah, tetapi memiliki pemikiran-pemikiran yang inovatif dan kreatif demi tercapainya cita-cita leluhur pendiri MAN 1 Jepara khususnya dan umumnya Kementerian Agama. Kedua, madrasah kita selain ditetapkan sebagai madrasah berbasis riset juga ditunjuk sebagai pilot project Zona Integritas oleh Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Tengah, ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Mari bersama-sama dan bahu-membahu mewujudkan madrasah kita sebagai madrasah zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani. Dan Ketiga infrastruktur yang baik. Laboratorium-laboratorium yang telah disediakan silahkan digunakan dengan optimal untuk kegiatan pembelajaran praktik peserta didik. Harapan dari kegiatan pembelajaran praktik ini adalah membentuk peserta didik yang terampil. Sehingga lulusan dari MAN 1 Jepara memiliki daya saing yang tinggi dan diperhitungkan’ Tegasnya.Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Amal Bakti Ke-75 Kementerian Agama dan doa bersama ini diakhiri dengan membaca tahlil dan doa (admin/teguh).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *