BANTUAN SBSN KEMENAG RI, SEMAKIN TINGGI KUALITAS DAN KUANTITAS PENDIDIKAN DI MAN 1 JEPARA

INFO MAN 1 JEPARA — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara di tahun 2020 ini dipercaya oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama RI mendapatkan bantuan menggunakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) senilai sekitar Rp. 4,1 M untuk proyek pembangunan gedung laboratorium terpadu 3 lantai, yang Alhamdulillah proyek tersebut telah selesai pengerjaannya oleh pihak kontraktor tepat waktu yaitu berakhir pada akhir bulan Desember 2020 sesuai kontrak dan sementara tinggal menunggu serah terima.

Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN., M.Ag saat diwawancarai team Virtual di ruang kerjanya mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan Bantuan Dana SBSN ini tidaklah mudah, banyak kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi, diantara syaratnya adalah mengenai banyaknya Animo (keinginan) masyarakat di Kota Jepara ini (umumnya) dan Warga masyarakat Bawu dan sekitar (khususnya) berbondong-bondong mendaftar masuk untuk sekolah di MAN 1 Jepara, disamping syarat lainnya yaitu harus banyak prestasinya seperti menjuarai event perlombaan baik tingkat Lokal, Provinsi, Nasional bahkan tingkat Internasional, kata Rif’an.

“Dulu 3 tahun yang lalu, banyak orang tua di Bawu dan sekitarnya yang menyekolahkan putra-putrinya harus keluar meninggalkan kota Jepara untuk bersekolah setingkat Aliyah seperti di MAN 2 Kudus, MA Swasta Banat, MA TBS dll. Tapi sekarang, mereka banyak yang memilih bersekolah di MAN 1 Jepara,” ujar Rif’an yang mantan Kepala MAN 2 Kudus, selama 12 tahun ini.

“Bahkan, sekarang banyak anak-anak dari seorang pejabat di kota Jepara ini seperti Politisi (Anggota DPRD), Birokrat di PEMDA, ASN di Kesehatan dan masih banyak lagi, yang memasukkan putra-putrinya untuk sekolah di Madrasah ini,” ungkapnya.

Masih ungkap Rif’an, Sekedar untuk ketahuan kita, biaya yang didanai dari SBSN ini dikelola dan diawasi secara langsung oleh Pusat.

“Program bantuan dari pusat ini mulai dari pengerjaan serta lelang dan pelaksanaannya dikelola langsung oleh pemerintah pusat sampai selesai. Madrasah hanya menjadi penerima bangunan yang bernilai aset,” tutup Rif’an.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara ini, dulu bernama MAN BAWU karena letaknya di Desa Bawu dan sekupnya sempit hanya seputar Bawu. Tapi setelah Bapak Drs. H. AH RIF AN., M.Ag menjabat sebagai kepala madrasahnya, diusulkan untuk dirubah menjadi MAN 1 JEPARA karena sudah sangat luas cakupan wilayahnya menjadi milik Kabupaten Jepara.

MAN 1 Jepara dimasa kepemimpinan beliau sekarang sangat diperhitungkan tidak hanya sekupnya di Jawa Tengah saja, namun sangat diperhitungkan juga di level tingkat nasional. Fasilitas gedungnya sangat representatif lengkap semakin komplit sarana dan prasarananya, sehingga MAN 1 Jepara berihtiyar klas dunia akan tergapai dengan jumlah siswanya mencapai 1.500-an anak yang dilengkapi asrama (Islamic Boarding School) cukup megah untuk putra dan putri sehingga dengan keberadaan asrama “AL-FIKRA” dapat memberi arti terhadap pengelolaan pembelajaran paripurna dan komplit serta didukung dengan keberadaan laboratorium terpadu akan dapat menambah khasanah pembekalan keilmiahan yang holistic dan berkesinambungan memberikan jaminan layanan pra, proses dan pasca MAN untuk studi lanjut ke Perguruan Tinggi, Aamiiin. (admin/skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *