PMPZI MAN 1 JEPARA LOLOS KE TAHAP PENILAIAN SELANJUTNYA, OLEH INSPEKTORAT JENDERAL KEMENAG RI

MAN 1 JEPARA — Sehubungan dengan ditetapkannya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara sebagai Piloting Project Zona Integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM bagi Madrasah Aliyah mewakili Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dengan SK nomor 15693/Kw.11.1/4/KP.02.3/12/2020 tertanggal 18 Desember 2020, kemudian Kepala MAN 1 Jepara membentuk Tim PMPZI MAN 1 Jepara dengan mengeluarkan SK nomor 630/Ma.11.20.01/PP.00/12/2020.

Maka kemudian Tim PMPZI MAN 1 Jepara, bekerja dengan maksimal menyiapkan dokumen evidence terhadap 6 area. Apalagi durasi yang disediakan oleh Dirjen Pendis Kemenag RI hanya 15 hari untuk dilakukan submit bersama secara serantak nasional.

Dengan semangat dan kekompakan Tim 17 orang dapat melakukan submit seluruh dokumen evidence secara serentak nasional pada tanggal 29 Desember 2020.

Agenda Selanjutnya, adalah Penilaian Pendahuluan oleh Tim Penilai dari Direktorat Jenderal Pendis. Dalam rangka penyiapan dan melengkapi seluruh dokumen evidence terhadap 6 area. Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN, M.Ag menambah personil sebanyak 10 orang, menjadi total 27 orang untuk memperkuat Tim PMPZI MAN 1 Jepara.

Tepat pada tanggal 28 Januari 2021, PMPZI MAN 1 Jepara menghadapi Penilaian Pendahuluan oleh Tim Penilai dari Dirjen Pendis sebanyak 2 orang penilai terdiri dari Ibu Siti Maria Ulfa, M.Si dan Ibu Nanik Rahmawati, S.Pd.I.

Pelaksanaan Penilaian Pendahuluan berlangsung sangat ketat, masing-masing koordinator area beserta anggotanya berikut dokumen evidence harus dipertanggung jawabkan dihadapan tim penilai. Penyampaian bukti evidence dan argumen sebagai menguat terhadap apa yang telah dilaksanakan untuk menyiapkan MAN 1 Jepara sudah menerapkan Zona Integritas (ZI) dalam rangka menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Proses penilaian yang cukup alot yang dimulai dari pukul 09.30 WIB sampai pukul 17.00 WIB berlangsung di Ruang Multi Media MAN 1 Jepara.

Akhirnya, berdasarkan Surat Nomor 0852/Dj.I/Set.I/KP.02.3/02/2021 tanggal 02 Februari 2021 ditetapkan bahwa MAN 1 Jepara LOLOS pada urutan ke-10 dari 28 Madrasah Aliyah Negeri di seluruh Indonesia untuk menuju tahap Penilaian selanjutnya yaitu Survei Internal oleh Balitbang dan Diklat Kemenag RI mulai tanggal 06 Februari s/d 06 Maret 2021.

Menanggapi keputusan bahwa MAN 1 Jepara Lolos ke tahapan selanjutnya, Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN, M.Ag menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dan rasa terima kasih kepada seluruh Tim PMPZI MAN 1 Jepara yang telah bekerja siang malam tanpa henti, untuk mewujudkan MAN 1 Jepara sebagai Madrasah berzona Integritas menuju WBK dan WBBM, ungkap Rif’an.

“saya yakin dan optimis kepada Tim PMPZI MAN 1 Jepara, akan mampu menghadirkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan Zona Integritas berikut evidence-evidencenya, walaupun waktu yang disediakan sangat terbatas hanya 15 hari yang sudah harus siap submit bersama serentak secara nasional,” terang Rif’an di ruang kerjanya.

Sementara Siti Umaroh, S.Pd selaku Ketua PMPZI MAN 1 jepara mengatakan, Pekerjaan kita belum selesai karena harus menyiapkan untuk menghadapi survei Internal oleh Balitbang dan Diklat Kemenag RI dalam bulan Februari 2021 ini dengan menambah evidence yang sudah kita submit, harus melengkapi sarana prasarana penunjang dan pelengkap sesuai dengan 6 area yaitu 1). Manajemen Perubahan, 2). Penataan Tatalaksana, 3). Penataan SDM, 4). Penguatan Akuntabilitas, 5). Penguatan Pengawasan, dan 6). Pelayanan Publik.

“Kita harus bekerja keras dan lebih semangat lagi, intensitas untuk brifing kita tambah lagi, rapat untuk mensingkronkan data dan dokumen evidence kita terus lakukan, sosialisasi ke warga madrasah melalui online kita gencarkan agar harapan untuk mewujudkan MAN 1 Jepara pada Zona Integritas pada posisi WBK dan WBBM betul-betul akan kita raih,” tegas Umaroh.Semoga kerja keras, kerja cerdas, Kerja Tuntas dan Kerja ikhlas kita tercatat sebagai bagian dari pahala dan keberkahan. Aamiin. (admin/skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *