SAMPAH TANGGUNG JAWAB BERSAMA

Menjadi sebuah kawasan atau lingkungan yang mempesona biasanya dimulai dari lingkungan yang bersih serta sehat dan dapat didefinisikan secara sederhana sebagai lingkungan yang bebas dari penyakit serta kuman. Lingkungan ini pastinya menjadi dambaan setiap orang untuk bisa dimiliki dalam hidupnya. Karena, dengan lingkungan yang bersih dan sehat mereka akan bisa menikmati kehidupannya.

Mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat harus diawali dari diri sendiri dalam menjaga kebersihan. Pastinya jika diri kita sudah bisa menjaga kebersihan, lingkungan hidup kita akan bisa menjadi lingkungan yang bersih dan sehat. Di sini, kita sebagai seorang pencipta untuk lingkungan hidup diri kita sendiri, maka dari itu bagaimanakah arah diri kita untuk menciptakan lingkungan hidup kita nantinya.

Suatu proses mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, tidak asing lagi dengan kata yang sudah cukup populer di telinga kita yakni dengan membuang sampah pada tempatnya, serta dalam agama kita juga sudah ditegaskan bahwa kebersihan sebagian dari iman.

Pada dasarnya sampah itu bisa dibedakan menjadi dua kategori, yaitu kategori sampah organik dan kategori sampah anorganik. Adapun makna dari kategori sampah organik adalah sampah yag berasal dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan dan juga bisa diri manusia itu sendiri.

Kategori yang kedua dalam pembagian sampah yakni sampah anorganik. Sampah ini cenderung memilki sifat yang sangat sulit untuk diuraikan, misalnya kaleng-kaleng makanan, plastik, aluminium dan sejenisnya.

Dengan semakin banyaknya produk makanan yang mayoritas memilih kemasan produknya dengan bahan-bahan yang sangat sulit terurai ini, maka cara mengolah sampah anorganik itu sangat diperlukan.

Karena, apabila sampah-sampah anorganik ini dibiarkan berserakan di lingkungan akan mengurangi keindahan pemandangan lingkungan dan akan banyak menimbulkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD), malaria, dan sejenisnya.

Selain itu, pembuangan sampah anorganik yang sembarangan misalnya di sungai bisa menimbulkan bencana banjir yang sangat merugikan kehidupan warga. Jadi, untuk mengolah sampah ini bisa di lakukaan dengan membuat suatu benda dari sampah anorganik tersebut supaya bisa mempunyai nilai yang lebih bermanfaat, serta bisa membuat madrasah kita lebih indah untuk dipandang tanpa mengesampingkan nilai – nilai ibadah kepada tuhan yang maha Esa dalam proses menjaga kebersihan lingkungan kita masing – masing.(sy/adm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *