PESAN DARI SANG DIREKTUR KSKK

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah (KKSK), Kementerian Agama Pusat, Dr. H. Ahmad Umar, MA. Mengatakan bahwa “Prestasi itu harga diri Madrasah kita”. Hal tersebut dikemukakannya pada acara Pembinaan Peningkatan Mutu Pendidik  dihadapan sekitar 200 ASN dari jenjang pendidikan MIN, MTs.N, dan MAN di MAN 1 Jepara (5/10/2019).

Saat sambutan, Dr. H. Ahmad Umar, MA meminta kepada seluruh guru dan pegawai baik ASN maupun Non ASN agar melaksanakan tugas dengan penuh semangat, inovatif, memiliki kepedulian terhadap pencapaian tujuan visi dan misi merupakan salah satu bentuk disiplin kerja. Diharapkan dengan disiplin kerja yang tinggi, Madrasah dapat menghasilkan siswa atau lulusan yang berkualitas serta memiliki daya saing yang tinggi dengan ciri khas pendidikan karakter dan jati diri luhur berlandaskan nilai-nilai agama dan cinta tanah air.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk menghasilkan siswa atau lulusan yang berkualitas guru sebagai orang yang sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar, maka harus selalu berusaha untuk menyajikan pembelajaran yang berorientasi pada keberhasilan tujuan, metode pembelajaran yang bervariasi, melibatkan siswa secara aktif, menarik minat dan perhatian siswa, membangkitkan motivasi siswa, prinsip individualitas serta peragaan dalam pengajaran.

Dr. H. Ahmad Umar, MA, mengharapkan siswa atau lulusan Madrasah selain berkualitas, juga tidak ketinggalan pada era revolusi industri 4.0, juga memiliki karakter atau perilaku jujur. Perilaku jujur adalah dasar dari segala perilaku terpuji lainnya. Karakter jujur ini penting dan harus dimiliki semua siswa Madrasah agar kedepan tercipta generasi-generasi dengan kualias terbaik. Orang jujur tak akan pernah merugikan orang lain. Selain itu orang yang jujur pasti menjaga amanah (kepercayaan) dan orang yang amanah pasti memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan menjalankan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan orang yang jujur cenderung bersikap adil. “Guru dan Pegawai baik ASN maupun non ASN di lingkungan pendidikan Madrasah wajib memberikan contoh perilaku jujur kepada peserta didik, jangan semata-mata hanya mengejar tingkat kehadiran di Madrasah, tetapi meningkatkan komitmen dan profesionalisme dalam menjalankan tugas dan fungsinya” tegasnya.

Sementara itu, Drs. H. AH Rif an, M.Ag, dalam sambutannya menyatakan bahwa tema dalam pembinaan peningkatan mutu pendidikan ini adalah untuk mewujudkan pelayanan pendidikan berkarakter dalam menggapai Madrasah hebat bermartabat. “selain guru mengausai metodologi dan materi dalam pembelajaran, ada yang lebih penting yaitu guru itu sendiri. Guru harus bisa menjadi teladan dalam hal kedisiplinan dan kejujuran” Tuturnya.

Selain memberikan pembinaan kepada ASN jenjang pendidikan MIN, MTs.N, dan MAN serta tamu undangan dari Kementerian Agama Kabupaten Jepara. Dr. H. Ahmad Umar, MA juga menyempatkan berkeliling di lingkungan MAN 1 Jepara diantaranya mengunjungi asrama Boarding School Al Fikra dan juga berencana memberikan bantuan gedung laboratorium terpadu untuk MAN 1 Jepara yang diperkirakan senilai 4 Milyar Rupiah. (tg/sy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *