Tanpa Tes, 67 Siswa diterima Perguruan Tinggi Negeri

Jepara – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022 diumumkan serentak secara Nasional pada Selasa, 29 Maret 2022 melalui laman http:www.pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id

Sebanyak 20 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara lolos seleksi ini, 9 siswa diterima di Universitas Negeri semarang (UNNES), 3 orang di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Sedangkan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Brawijaya (UNIBRAW) dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) Yogyakarta masing-masing 1 siswa. Selebihnya 2 orang di Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang serta 3 siswa di Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo) Semarang.

Seleksi tanpa tes jalur SPAN PTKIN 2022 atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri telah diumumkan pada hari, Jumat, 15 April 2022 melaui online di www.https://pengumuman.span-ptkin.ac.id/page, dan sebanyak 47 siswa diterima.

Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN, M.Ag, menyampaikan rasa bangga dan apresaiasi setinggi-tingginya atas pencapaian tersebut,

“Selamat dan sukses kepada 67 siswa yang lolos SNMPTN dan SPAN-PTKIN. Alhamdulillah, ada siswa yang diterima di Fakultas Kedokteran UNDIP. Ini menandakan bahwa lulusan MAN 1 Jepara mampu bersaing secara akademik dan siap berprestasi di jenjang lebih tinggi”, ujar Rif an.

Kepala Madrasah berpesan kepada seluruh siswa yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi untuk menjunjung tinggi almamater madrasah, mengaktualisasikan perilaku Islami, kritis, cerdas dan aktif.

“Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, carilah pengalaman untuk menempa diri baik dalam kegiatan kampus maupun kegiatan organisasi kemahasiswaan. Semoga kalian kelak menjadi “sarjana plus” yaitu sarjana yang multi talenta dan siap bekerja dan berkarya dimanapun berada.

“Alhamdulillah atas rahmat Allah SWT, saya dapat menjadi salah satu siswa yang dapat lolos SNMPTN tahun ini, tentunya kelolosan ini juga karena berbagai pihak yang mendukung saya. Saya berterimakasih kepada seluruh pihak khususnya MAN 1 Jepara yang sudah ikut membantu hingga sejauh ini” ujar Nilna Siswi XII MIPA 2 yang diterima pada Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota kampus UNDIP Semarang.

Ditemui di taman madrasah, Dania Diesta (XII MIPA 2) siswa yang diterima di Fakultas Kedokteran UNDIP ini mengucapkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah puji syukur kepada Allah swt atas segala anugerah dan karuniaNya, yang telah meridhoi saya untuk dapat masuk di Universitas dengan prodi yang saya impikan. Diterima melalui jalur SNMPTN merupakan anugerah yang luar biasa, dan saya sangat bersyukur dapat bersekolah di MAN 1 Jepara, karena madrasah ini lah yang menghantarkan saya menjemput mimpi. Saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada segenap dewan guru, teman-teman, dan diri saya sendiri karena telah menemani saya dalam berjuang selama saya berada di MAN 1 Jepara. Sekali lagi saya ucapkan, terimakasih MAN 1 Jepara, jaya selalu!”

Sementara itu wakabid kurikulum yang juga ketua tim studi lanjut, Tafrikan menyatakan bersyukur bimbingan yang diberikan kepada para siswa membuahkan hasil memuaskan.

“Kami akan tetap mengadakan evaluasi dan perbaikan pada program kegiatan pembelajaran, bimbingan dan pelayanan kepada peserta didik kelas XII agar dapat mewujudkan keinginan mereka, kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sesuai minat dan kemampuannya” kata Tafrikan.

Selamat kepada 20 siswa yang lolos SNMPTN dan 47 siswa lolos SPAN-PTKIN Bagi yang belum lolos, jangan berkecil hati, masih ada kesempatan kuliah di PTN favorit melalui SBMPTN. Tetap semangat dan terus belajar. (zk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *