2nd UNEXA 2022, Jembatan Emas Menuju Kesuksesan

Jepara (man1jepara.sch.id) – Bidang Kurikulum dan Pengembangan Akademik MAN 1 Jepara menggelar 2nd University Expo MAN 1 Jepara (UNEXA) 2022, Sabtu, 22 Januari 2022 di Sport Center. Mengusung tema “Perguruan Tinggi sebagai Jembatan Emas menuju Kesuksesan”, acara ini sukses menarik perhatian publik, tidak hanya dari siswa MAN 1 Jepara tetapi juga dari MIN 2 Jepara dan MTs N 1 Jepara.

Pameran tersebut diikuti 31 perguruan tinggi negeri dan swasta, yang diwakili alumni MAN 1 Jepara tersebar di berbagai kampus.

Dalam sambutan membuka expo, Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. Ah Rif’an, M.Ag menyatakan UNEXA dapat menjadi sumber informasi bagi siswa MAN 1 Jepara, khususnya kelas XII yang ingin menyiapkan diri melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang diimpikan. Selain itu, jalinan silaturrahmi antaralumni dan siswa MAN 1 Jepara diharapkan semakin erat.

Kegiatan yang sempat tertunda tahun lalu karena pendemi ini, menurut wakabid kurikulum, Tafrikan S.Pd adalah sebagai wadah berbagi pengalaman maupun prestasi yang diraih para alumni kepada siswa MAN 1 Jepara, khususnya kelas XII. “Para alumni yang kuliah berbagi informasi dan pengalaman kepada adik-adiknya agar lebih mengenal dinamika kampus serta menjadi bekal menentukan langkah studi selanjutnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Hamidun Nafi S, S.Pd. selaku ketua panitia menyatakan sangat gembira sebab kegiatan ini melebihi ekspektasi. Semula, panitia hanya menargetkan peserta Expo diikuti dari univeritas-universitas Jawa Tengah, namun alumni yang kuliah di Jawa Timur maupun Madura turut meramaikan acara.

UNEXA 2022 selain berisi stand informasi kampus, juga diisi talk show alumni MAN 1 Jepara yang berprestasi di berbagai universitas. “UNEXA sangat bermanfaat sekali untuk kami, dengan adanya stan kampus kami jadi semakin tahu fakultas dan jurusan yang ingin kami tuju, selain itu kami juga bisa berbagi pengalaman dengan senior-senior seperti kak Andi Kurniawan dan mbak Avis (UNNES), kak Widia Prayogi (UB), mbak Silva Ayu Karimah (Untidar), mbak Silvia Wahyu Ningrum (ISI Jogja) dan mbak Dyah Kholisatun Ni’mah (Undip) pada acara talk show” kata salah pengunjung, Olivia Izaura (XII MIPA 2), di lokasi yang sama Nur Fadlillah Nahariyah (XII MIPA 3) “UNEXA ini membangkitkan semangat saya dalam memantapkan pilihan perguruan tinggi, jadinya kami siswa kelas XII memiliki gambaran untuk memilih universitas mana yang akan dituju untuk mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai”.

Semoga UNEXA 2022 menjadi wadah yang bermanfaat bagi siswa MAN 1 Jepara dan kedepannya dapat berlangsung secara kontinyu. (rp/zk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *