TIM ECC MAN 1 JEPARA BOYONG JUARA

Jepara – Kabar membanggakan datang dari Tim ECC MAN 1 Jepara, Tim berjaya dalam lomba Festival Bahasa 2019 se Jateng DIY di IAIN Kudus, Selasa, 29 Oktober 2019.

Pada kompetisi jenjang pendidikan tingkat SMA sederajat se Jateng ini, MAN 1 Jepara memboyong dua piala sekaligus. Diandra Farah Maulida Achsan siswi kelas XI MIPA 1 memboyong piala Juara 1 bidang kompetisi English Story Telling, dan Rofi’atul Hafidloh siswi kelas XI MIPA 4 Juara 1 bidang kompetisi English Singing Contest.

Keberhasilan pada ajang kompetisi tersebut jelas Pembina ECC (English Competition Club) Ahmad Fuadi Nur, ini merupakan hasil kerja keras dan kreativitas tim.  “Saya sangat mengapresiasi kerjasama seluruh tim ECC, bapak ibu guru pengampu mapel Bahasa Inggris, siswa-siswi peserta kompetisi,  dan khususnya Bapak Kepala MAN 1 Jepara, Drs. H. Ahmad Rifan, M.Ag kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan motivasinya sehingga penghargaan ini dapat kita peroleh. Ini adalah bentuk sinergi yang baik yang melibatkan banyak pihak,” kata Fuadi Nur disela-sela kesibukannya.

Seiring dengan derasnya arus globalisasi di dunia. Kini, Indonesia pun sudah memasuki era revolusi industri 4.0. Hal yang paling terasa dari datangnya era ini tentu saja hadirnya disruptive innovation.  Pola yang berlaku di masa sekarang adalah industri berbasis teknologi digital dan internet.

“Peluang yang ditimbulkan era tersebut membutuhkan keselarasan antara perkembangan teknologi terkini dengan kompetensi SDM yang tinggi” Tutur Drs. H. Ahmad Rifan, M.Ag yang sekaligus kepala MAN 1 Jepara. Untuk itu, Beliau mengimbau para peserta didik MAN 1 Jepara khususnya anggota ECC agar mengintensifkan pelajaran dan penggunaan Bahasa Inggris sebagai hal mutlak untuk dikuasai oleh peserta didik agar mampu bersaing di era Industry 4.0.

Sementara itu, acara yang berlangsung dari tanggal 29-31 Oktober 2019 itu mengambil tema “Kritis, Kreatif, Inovatif dalam Mengekspresikan Bahasa Internasional”. Nurul Aslimah ketua panitia kegiatan menuturkan Festival Bahasa dilaksanakan, guna memberikan pengetahuan tentang ilmu kebahasaan dan memfasilitasi para pelajar atau mahasiswa dengan diaktualisasikan melalui kegiatan Iomba.  Adapun jenis Iomba-nya meliputi Speech, Khitobah, Sing a Song, Ghina, Story Telling, dan Taqdimul Qishoh. Lanjutnya Nantinya, para juara akan mendapatkan Piala, Piagam Penghargaan dan uang pembinaan.(Tgh).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *