HARI SANTRI 2019

Jepara – Beragam kegiatan dilakukan peserta didik dalam memperingati Hari Santri di MAN 1 Jepara, Selasa, 22 Oktober 2019.  Kegiatan tersebut di antaranya upacara bendera, lomba kaligrafi, lomba baca kitab kuning, dan berbagai jenis kegiatan lainnya. “Kegiatan ini kolaborasi antara IRMAS dan OSIS MAN 1 Jepara. Kegiatan didahului dengan upacara bendera yang nantinya akan ditangani anak-anak OSIS, kemudian dilanjutkan lomba-lomba yang bernafaskan Islami yang akan ditangani anak-anak IRMAS” tutur Waka Bidang Humas, Drs. Akhmad Yazid, MM. Lanjutnya, tujuan lomba-lomba selain dalam rangka memeriahkan Hari Santri juga sebagai ajang unjuk kemampuan siswa-siswi akan pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh selama belajar di MAN 1 Jepara dan siswa-siswi yang menjadi juara nantinya akan dibina secara khusus serta akan diikutsertakan dalam berbagai perlombaan yang diselenggarakan tingkat daerah maupun nasional.

Peringatan hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. Dalam sambutan Menteri Agama Republik Indonesia yang disampaikan oleh Kepala MAN 1 Jepara, Drs. H. Ahmad Rifan, M.Ag, “Pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat. Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia”.

Selain membacakan Sembilan alasan mengapa pesantren layak disebut sebagai laboratorium perdamaian, Drs, H. Ahmad Rifan, M.Ag juga menegaskan kepada siswa-siswi MAN 1 Jepara di tengah revolusi gelombang keempat (4.0), siswa-siswi harus kreatif, inovatif, dan adaptif terhadap nilai-nilai baru yang baik sekaligus teguh menjaga tradisi dan nilai-nilai lama yang baik. Siswa-siswi tidak boleh kehilangan jati dirinya sebagai Muslim yang berakhlakul karimah, yang hormat kepada kiai, guru, orang tua dan menjanjung tinggi ajaran agama Islam.

Peringatan hari santri di MAN 1 Jepara dilaksanakan dari pukul 07.00 sampai 14.00 WIB dan berjalan sesuai perencanaan. (tg/sy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *