Gandeng Ruangguru, MAN 1 Jepara Siap Pembelajaran Digital

MAN 1 Jepara membuat nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MoU) dengan ruangguru, penyedia layanan belajar online terbesar di Indonesia. MoU berupa pembimbingan pemanfaatan media belajar digital dan e-learning yang berlangsung secara bertahap, mulai Januari hingga Juli 2022. Ruangguru juga akan memfasilitasi seluruh guru MAN 1 Jepara merancang konten pembelajaran digital, mendesain pengalaman belajar yang menarik bagi siswa berbasis scientific learning.
“Melalui nota kesepahaman ini, kami berharap secara bertahap, bapak ibu guru dapat membuat konten pembelajaran digital, mengeksplorasi kemampuan dan kreativitasnya masing-masing dalam rangka menciptakan pengalaman belajar yang menarik, berkesan, dan bermakna bagi siswa. Sudah tidak zamannya lagi guru mengajar monoton, metode ceramah, berbekal buku paket usang, spidol dan papan tulis. Saat ini, guru dituntut menguasai teknologi informasi dan memanfaatkan berbagai kemudahan yang ada di dalam pembelajaran, ” tutur Drs. H. Ah Rif’an, M.Ag, kepala MAN 1 Jepara dalam sambutan membuka In House Training (IHT) Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital bekerja sama dengan ruangguru.

Koordinator tutor ruangguru, Cahyo Harjuna Adi mengaku terkejut sekaligus gembira dengan antusiasme para guru mengikuti kegiatan IHT.

“Wah, kami tidak menyangka, bapak ibu guru bersemangat sekali mengikuti kegiatan. Ini menjadi awal yang baik. Kami berkomitmen memberikan pendampingan berkelanjutan sampai bapak ibu guru dapat menggunakan media pembelajaran digital. Insya Allah, di bulan Juni atau Juli mendatang, bapak ibu guru menguasai semua aplikasi dan tampilan yang ada di ruangguru,” ujarnya.

IHT ini diikuti oleh 35 guru dari berbagai disiplin ilmu dan nantinya, seluruh guru yang berjumlah 72 orang mengikuti bimbingan membuat media e-learning. Semoga pembelajaran di MAN 1 Jepara semakin maju dan berkualitas sehingga dapat menghasilkan output terbaik. Madrasah mandiri berprestasi. (rp/zk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *