GURU DAN PEGAWAI MAN 1 JEPARA IKUTI BREAFING BERSAMA KEPALA MADRASAH

INFO MAN 1 Jepara — Seluruh Guru dan Pegawai Madrasah Aliyah Negeri 1 Jepara hari Sabtu (26/9/2020) mengikuti Briefing bersama Kepala Madrasah Bapak Drs. H. AH RIF AN, M. Ag, Briefing diselenggarakan dalam rangka Pembinaan sekaligus evaluasi pelaksanaan PJJ (Daring) serta persiapan EKM (Evaluasi Kendali Mutu) yang istilah umum dinamakan PTS (Penilaian Tengah Semester) yang berlangsung di Ruang Guru.

Kegiatan Briefing dimulai tepat pukul 09.30 WIB (Komitmen tepat waktu) dipandu oleh Wakamad Humas dan Keagamaan dilanjutkan Pembinaan dan Evaluasi oleh Kepala MAN 1 Jepara. Seperti biasa tradisi Pak Rif’an (Sapaan akrab) setiap memimpin rapat atau sejenisnya beiau Menegaskan untuk memegang komitmen bersama “Sebagai Pengabdi, Pelayan dan Pejuang Madrasah memberikan terbaik dengan seluruh Potensi dan Sumber Daya yang dimiliki” guna mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat.

Titik tekan yang disampaikan kepada para guru dan steakholder di MAN 1 Jepara ini adalah terejawantahkannya Habituasi Perilaku Islami yang menjadi Program Utama beliau sejak menjabat Kepala Madrasah 3 tahun yang lalu hingga sekarang harus mendapat porsi prioritas untuk dilaksanakan dan dikawal bersama – sama.

Program selanjutnya GEMATI (Gerakan Madrasah di Hati), IBS (Islamic Bording School) sebagai program iconik MAN 1 Jepara, lalu program Unggulan MANSARA SAINS CLUB (MSC) ini adalah wadah untuk memunculkan butiran-butiran mutiara yang tertimbun dalam gundukan pasir, dikelola secara konsisten dengan keseriusan para mentor (Pembimbing) menuju torehan prestasi dalam mengikut sertakan setiap Event lomba sebagai tolok ukur capaian bahwa MAN 1 Jepara adalah Madrasah yang diperhitungkan, tegas Rif an.

Hal lain yang menjadi sorotan beliau adalah Evaluasi Pelaksanaan PJJ dimasa Pandemi Covid 19 sebagai upaya pencapaian kompetensi peserta didik mulai Maret – September (hampir 6 bulan), para guru tidak hanya memberikan materi atau tugas lewat WA Grup kemudian diabaikan tetapi harus melakukan kontrol dan penilaian serta pengawasan yang objektif, pinta Rif an.

Di akhir sambutan bapak H. Rif an mengingatkan tentang AKG (Asesmen Kompetensi Guru) agar kita semaksimal mungkin mempersiapkan diri dari sekarang agar predikat sebagai Guru Mahir atau Guru Cakap dapat kita raih, bukan predikat terendah yaitu guru berkembang. Dan untuk Wakamad Kurikulum mempersiapkan sebaik-baiknya pelaksanaan EKM atau PTS Gasal agar hasil nilainya sebanding dengan proses yang sudah kita kawal bersama.

Giliran Wakamad Kurikulum Bapak Tafrikan, S.Pd mengingatkan kepada para guru dan wali kelas untuk memperhatikan jadwal PJJ agar para siswa tetap mendapatkan haknya secara penuh dan berkualitas sehingga tergali semua potensi mereka secara maksimal. Tafrikan juga memenyampaikan agenda pelaksanaan EKM Semester Gasal yang segera akan dilaksanakan dengan jadwal Untuk kelas XII; 5-10 okt, sedangkan Untuk kelas XI; 12-17 Okt dan kelas X: 19-24 Oktober 2020.(admin/skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *