KUNJUNGAN KERJA KASI KURIKULUM DAN KESISWAAN KANWIL KEMENAG PROVINSI JAWA TENGAH DI MAN 1 JEPARA

INFO MAN 1 Jepara – Dalam rangka Peningkatan dan Penguatan Kompetensi Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara untuk Siap Berkompetisi pada event Nasional dan Internasional, Kamis (24/9) mendapatkan Kunker (Kunjungan Kerja) dari Kasi. Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Penma. Kantor Wilayah Kemenag. Provinsi Jawa Tengah Bapak H. Juair, S.Ag, M.M, M.SI, serta dihadiri pula Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Jepara, Ibu Dra. Hj. Lutfiah, M.Pd. Adapun peserta dalam kegiatan ini adalah Para siswa-siswi yang tergabung dalam kelompok MSC (Madrasah Sains Club) dan kelompok KIR (Karya Ilmiah Remaja) dengan didampingi oleh seluruh Bapak dan Ibu guru pembimbing (Mentor) masing – masing, berlangsung di Ruang Multi Media MAN 1 Jepara.

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB ini diawali dengan pemberian apresiasi kepada siswa-siswi berprestasi MSC berupa penyerahan hadiah berupa laptop dari Madrasah yang diserahkan langsung oleh Kasi Kursis. Bapak Juair yang didampingi ibu kasi Hj. Lutfiah dan Kepala Madrasah, H. Ahmad Rif an, M.Ag.

Selain itu, bentuk apresiasi yang lain juga diberikan Bapak H. Juair dengan membagi-bagikan al Qur’an sebagai hadiah tambahan yang tidak jauh penting manfaatnya.

Dalam sambutan dan ucapan selamat datang, Bapak H. Ahmad Rif an berharap agar Bapak H. Juair memberikan banyak motivasi kepada bapak dan ibu guru pembimbing serta kepada siswa-siswi terbimbing untuk selalu istiqomah dalam belajar. Selain itu juga agar lebih semangat untuk membanggakan madrasah di kancah nasional serta internasional.

Dalam kegiatan inti Peningkatan dan Penguatan Kompetensi Peserta Didik, Bapak H. Juair memberikan beberapa poin serta motivasi, yang mengundang antusias para peserta. Bapak H. Juair menyampaikan Filosofis pengalaman hidupnya dengan Moto “TIRAKATMU ADALAH MASA DEPANMU” suatu kata yang sangat luar biasa maknanya. Yang mana dalam usaha belajar para siswa-siswi juga harus mengimbangi dengan adanya tirakat. Beliau juga menyampaikan kepada bapak dan ibu guru pembimbing selain memberikan materi untuk belajar, pun memberikan bekal tentang hidup dan arti kehidupan kepada siswa-siswi. Beliau menambahkan bahwa “doa anak-anak akan diberikan dengan cara Allah. Allah akan mengabulkan doa kita pada saat dan waktu yang tepat”. Oleh karena itu, siswa-siswi diminta untuk selalu berusaha, terlebih jika usahanya belum mendapatkan hasil, maka harus sabar dan percaya bahwa usaha dan doanya pasti akan dikabulkan oleh Allah di kesempatan-kesempatan yang lainnya. Beliau juga menyarankan untuk siswa-siswi selain belajar di bidang akademis juga melengkapi diri dengan mengasah keterampilan (skill) yang dimiliki. Karena dalam dunia nyata setelah dunia pendidikan berakhir, maka siswa-siswi harus mampu bersaing dan dibutuhkan keterampilan tertentu.

Bapak H. Juair berpesan bahwa kita harus selalu tekun dalam hal apapun, utamanya dalam belajar agar selalu menghasilkan prestasi.
Imbuh pesan beliau, “prestasi adalah hasil jerih payah anak-anak”, jadi kita harus selalu memberikan dukungan penuh terhadap peserta didik.

Pada akhir sambutan, beliau mengingatkan “prestasi itu penting, tetapi ta’dzim lebih utama”. Dimana beliau memberikan suatu pesan agar kita selalu mempunyai sifat ta’dzim (hormat) terhadap sesama, terlebih tingkatan yang di atas kita. Siswa ta’dzim terhadap guru, dan guru ta’dzim terhadap pemimpin.

Diakhir acara, Bapak Kasi Kursis berkenan menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan seluruh peserta dan steakholder MAN 1 Jepara. (admin/skp,iffah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *