INSPIRASI KARTINI, DWP UNIT MAN 1 JEPARA KEMBANGKAN SUMBER DAYA ANGGOTA

MAN 1 JEPARA – Momentum hari lahir R.A Kartini 21 April yang jatuh pada hari Rabu tahun 2021 ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit MAN 1 Jepara gelar beberapa kegiatan dalam rangka meningkatkan sumber daya para anggotanya diantaranya Menggelar Pertemuan Rutin Bulanan secara Daring (Zoom meeting), peresmian toko atau tempat usaha bagi anggota DWP dan penyerahan uang arisan serta pembagian doorprize. Rangkaian kegiatan digelar pada hari Jum’at, 16 April 2021 yang diselenggarakan agenda zoom meeting berlangsung di ruang multi media MAN 1 Jepara.

Raden Ajeng Kartini senantiasa menjadi sumber inspirasi bagi kaum perempuan Indonesia dimanapun, tak terkecuali di DWP Unit MAN 1 Jepara. Berbagai pemikiran dari pahlawan nasional yang dilahirkan di kota Jepara tersebut, dapat menjadi spirit bagi siapapun untuk menghadapi beragam situasi, termasuk ketika menghadapi wabah pandemi COVID ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit MAN 1 Jepara Ny. Hj. Siti Maryam Rif an dalam agenda pertemuan rutin bulan secara daring sekaligus peresmian G Mart dan Toserba Picha Mart, Jum’at (16/4/2021), dengan mengusung tema “Dengan Semangat Kartini, Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Melalui Kreatifitas Bina Keluarga Sebagai Manifestasi Mencerdaskan Anak Bangsa”

“Sebagaimana Ibu R.A Kartini telah diteladankan, kita kaum perempuan sudah tidak zamannya untuk berpangku tangan menghadapi pandemi COVID-19 saat ini. Kita harus turut ambil bagian dengan kapasitas yang kita miliki,” ujar Maryam, sapaan akrabnya.

Maryam lalu mencontohkan bagaimana ibu-ibu anggota Picha  (sebutan untuk anggota DWP MAN 1 Jepara) yang singkatan dari Paguyuban Ibu-Ibu Cantik dengan mengelola toko online “G Mart” yang menjual beberapa produk pakaian, perabot rumah tangga dan lain-lain. Juga peresmian tempat usaha yang dikelola oleh PICHA adalah air isi ulang “Picha Tirta” yang melayani pengisian air minum isi ulang yang diproses oleh mesin dari produk Kangen Water.

“Di samping 2 bentuk usaha baru yang tersebut di atas, PICHA MAN 1 Jepara sebelumnya telah memiliki caffe/kantin sekolah “PICHA CAFFE” dan Toserba (toko serba ada) yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari misalnya beras, minyak goreng, gula, sabun dan lain-lainnya”, terang Maryam.

Sementara, Kepala Madrasah yang sekaligus sebagai Pembina Dharma Wanita Persatuan (DWP) “PICHA” MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN, M.Ag dalam sambutan dan arahannya secara Daring “meminta agar semua warga MAN 1 Jepara turut serta berperan secara aktif dan kontinyu untuk menghidupkan aset usaha yang sudah dikelola secara mandiri oleh ibu-ibu PICHA dengan belanja terhadap pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang tersedia di toko (tempat usaha) PICHA”, ujar Rif an.

Tambah Rif an, usaha-usaha yang telah dikelola oleh Ibu-Ibu Picha MAN 1 Jepara adalah merupakan pengembangan program dari Madrasah tentang Kewirausahaan (enterpreneurship) yaitu dengan menjadi orang yang memulai bisnisnya sendiri dengan ide atau konsep baru guna mampu menopang kehidupannya dan bagi orang lain selain juga sebagai bagian dari Pelayanan Publik”. “Dengan dukungan dari semua pihak warga Madrasah, Insya Allah usaha yang dikelola oleh ibu-Ibu Picha semakin maju, berkembang dan akhirnya mendapatkan keuntungan laba banyak. Dan dari laba tersebut akan dikembalikan juga untuk kesejahteraan anggota termasuk Ibu-Ibu Picha”, pungkas Rif an. (admin/skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *