KABAG TU KANWIL KEMENAG JAWA TENGAH BERI PEMBINAAN ASN DAN ZI DI MAN 1 JEPARA

MAN 1 Jepara – Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara pada hari Rabu 28 April 2021 bertepatan dengan tanggal 16 Ramadhan 1442 H mendapatkan Pembinaan dari Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Bapak H. Fajar Adhy Nugroho, S.Sos, M.Si., kegiatan pembinaan berlangsung di ruang multi media MAN 1 Jepara. Kegiatan dengan tema “Kunjungan dan Pembinaan ASN dan ZI MAN 1 Jepara” dimulai tepat pukul 09.00 WIB ini dihadiri oleh semua ASN di lingkup MAN 1 Jepara.

Kabag. TU hadir tidak beserta rombongan hanya ditemani sopir pribadi setelah tiba di lokasi kampus hijau MAN 1 Jepara, langsung disambut Kepala Madrasah Drs. H. AH RIF AN, M.Ag, Kepala Urusan TU dan para Wakaur. langsung menuju ruang pertemuan di ruang MM. Acara yang dipandu oleh MC H. Achmad Shokip, S.Ag, MSI (Staf Humas) berlangsung cukup hidmat diawali dengan acara Sambutan dan Ucapan Selamat Datang oleh Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN, M.Ag. Rif an dalam sambutannya menyampaikan sekilas tentang visi misi, program unggulan dan raihan prestasi kejuaran serta progres perkembangan madrasah dalam kurun waktu selama tiga tahun semenjak madrasah ini dipimpinnya dari tahun 2018 hingga 2021 sekarang.

“Dulu nama Madrasah ini adalah MAN Bawu yang seolah-olah hanya milik masyarakat desa Bawu saja, namun sejak 2018 berganti menjadi MAN 1 Jepara berdasarkan SK Dirjen Pendis, kini Madrasah ini tidak hanya milik masyarakat Jepara saja namun sudah bersaing dengan MAN 2 Kudus yang saya pimpin hampir 13 tahun”, ujar Rif an di hadapan Kabag TU saat memberikan sambutan.

“Program unggulan yang dikemas melalui GEMATI (Gerakan Madrasah di Hati) adalah mencakup banyak program rencana dan aksi yang diimplementasikan serta diejawantahkan dalam melakukan pelayanan kepada semua pihak baik kepada para peserta didik, para pendidik dan tenaga kependidikan juga teruntuk melayani masayarakat secara umum. Diantara program GEMATI adalah beertujuan untuk mencipatakan madrasah yang berperilaku Habituasi Islami (Relegius), Humanis, Smart, Inovatif dan Kompetitif (RHS-IK) selain program interprenership dengan membuka sarana usaha yang dikelola oleh OSIS, Guru (Pendidik dan Tendik), DWP (Dharma Wanita Persatuan “PICHA”) serta dapat terwujud upaya nyata untuk melayani publik dengan semaksimal mungkin”, imbuh Rif an dalam sambutannya.

“Dari Progam GEMATI pula MAN 1 Jepara dapat mempersembahkan banyak bahkan ratusan prestasi kejuaraan baik bidang akademik maupun non akademik pada kejuaraan event nasional dan internasional, termasuk prestasi yang masih tetap dapat dipersembahkan di masa pandemi covid 19 saat ini oleh para peserta didik di tingkat nasional yang jumlah raihannya sangat cukup banyak”, tambah Rif an.

Sementara Kabag TU Kanwil Kemenag Jawa Tengah Bapak H. Fajar Adhi Nugroho, S.Sos., M.Si, dalam arahan pembinaannya dihadapan seluruh para Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 1 Jepara, Fajar meminta agar apa yang sudah diprogramkan dan direncakan oleh Kepala MAN 1 Jepara mendapat suport dan respon yang sangat positif dari semua steackholder di madrasah ini dengan bekerjasama secara solid, karena tanpa kebersamaan dan sinergitas yang baik maka sangat naif ide-ide dan gagasan cemerlang tidak akan dapat terealisasi secara maksimal”, Pinta Fajar dalam sambutan pembinaannya.

“Saya merasa bangga dan salud atas kemajuan yang dipersembahkan oleh MAN 1 Jepara di bawah kepemimpinan Bapak H. Rif an ini, mulai pembangunan insfrastruktur yang sangat lengkap dan tertata secara apik, penghijauan yang cukup asri juga capaian visi-misi dan program yang digagas cukup berhasil dengan capaian prestasi yang sangat banyak. Sebagaimana tayangan slide yang ditampilkan saat pak Rif an menyampaikan dalam sambutan tadi. Begitu banyak prestasi kejuaraannya yang diperoleh, ini menunjukkan bahwa kekompakan dan kesolidan yang terjalin di madrasah ini”, tegas Fajar dengan pujiannya.

Lanjut Fajar, MAN 1 Jepara untuk saat ini, oleh Kanwil Kemenag Jawa Tengah dipilih dan ditunjuk sebagai pilot projek dalam penerapan dan penilaian Zona Integritas guna mewujudkan WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) dapat teraih atas proses tahapan penilaian mulai penilaian internal dari Kanwil, Pendis Pusat, Ispektorat Jenderal yang sudah terlaksana penilaiannya dengan nilai yang sangat baik. Dan sekarang menunggu tahapan penilaian dari instansi MENPAN RB yang akan dilaksanakan bulan depan. Harapan saya, MAN 1 Jepara terus berbenah, memperbaiki dan menyiapkan eviden yang sesuai terhadap enam (6) area pada ZI”, Pinta Fajar yang sebelumnya berdinas di Irjen pusat.

“Terus dievaluasi dan diperbaiki agar saatnya MAN 1 Jepara berpredikat sebagai lembaga yang berstatus WBK dan WBBM, karena dengan status tersebut menunjukkan marwah dan kebanggan untuk lembaga di kementerian agama”, pungkas Fajar. Kegiatan Kunjungan dan Pembinaan dari Kabag Tu Kanwil Kemenag Jawa Tengah diikuti dengan antusias oleh seluruh pendidik dan tenaga kependikan dari awal hingga acara kegiatan ini berakhir, yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama yang tetap menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker dan menjaga jarak. (admin/Skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *