JATENG-DIY JUARA I, PERAK UNTUK NASIONAL

MAN1jepara.sch.id. Merebaknya kasus Covid-19 tidak membuat Tim MSC MAN 1 Jepara berhenti untuk berprestasi. Setelah berhasil mempersembahkan medali tingkat Internasional, kini Tim MSC jangka 10 hari torehkan prestasi tingkat Jateng-DIY dan tingkat nasional.

Torehan prestasi tingkat Jateng-DIY pada Kompetisi Matematika (KOMAT) 2021. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo dengan tema “Membentuk Generasi yang Kompetitif, Cerdas, dan Berkualitas melalui Kompetisi Matematika” dan dilaksanakan secara daring menggunakan zoom meeting serta google classroom.

Kompetisi Matematika (KOMAT) 2021 diikuti peserta dari daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam pengerjaan soal kompetisi ada 2 tahap yaitu tahap 1 (tahap penyisihan) dan tahap 2 (babak final). Setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat, akhirnya  Dimas Yudha Saputra torehkan prestasi Juara I. sedangkan rekan satu timnya Khoirina Afrilia menduduki Juara III.

“Berkat dukungan dan bimbingan Bapak Ibu guru, saya bersyukur bisa mendapatkan pencapaian prestasi ini. Waktu 1 bulan ada 3 kompetisi yang harus saya ikuti. Alhamdulillah orangtua juga mendukung, jadi ya,… jalani saja. Bagi saya ini sebuah tantangan untuk terus belajar dan berkarya”, Tandas Dimas saat diwawancarai tim virtual via zoom.

Sementara itu, pada perhelatan nasional bertajuk Babak Final Matematika Suprarasional (KMS) 16 yang digelar pada 30 Mei 2021, Tim MSC MAN 1 Jepara harus bersaing dengan peserta dari berbagai Provinsi Se-Indonesia dan bahkan juga pelajar Indonesia yang sedang mengenyam pendidikan di Australia. Tim MSC pada perhelatan ini membagi menjadi dua tim. Tim level kelas 10 dan Tim Level kelas 11.

Setelah melalui proses seleksi hingga babak final, Tim MSC torehankan prestasi membanggakan. Level kelas 10 atas nama Muhammad Nafis Khilmi Kafa (X MIPA 1) berhasil meraih medali perak, sedangkan dua rekannya Zahra Aulia Ramadhani (X MIPA 2) dan Indah Nurul Janah (X MIPA 3) raih predikat Honorable Mention (Merit). Sedangkan level kelas 11 atas nama Sakinatul Mufadah (XI MIPA 4), Dimas Yudha Saputra (XI MIPA 3), dan Khoirina Afrilia (XI MIPA 3), ketiganya raih predikat Honorable Mention (Merit).

“Alhamdulillah anak-anak berhasil torehkan prestasi lengkap. Ada Internasional, Nasional, dan Regional. Ini adalah komitmen kami bersama untuk membekali peserta didik MAN 1 Jepara, tidak hanya mampu bersaing di lingkungan Madrasah saja, tetapi mampu berkompetisi dengan kompetitor-kompetitor dari luar Sekolah/Madrasah lainnya. Selamat untuk anak-anak dan pembimbingnya, mudah-mudahan capaian ini  menjadi pemantik peserta didik yang lain untuk mengukir prestasi baik tingkat Internasional maupun Nasional. Madrasah senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif dan membanggakan ini”, tutur Drs. H. AH RIF AN, M.Ag, selaku kepala MAN 1 Jepara. Prestasi merupakan informasi yang berfungsi untuk mengukur tingkat kemampuan atau keberhasilan belajarnya, apakah mengalami perubahan yang bersifat positif maupun perubahan bersifat negatif.  Keikutsertaan pada suatu kompetisi adalah salah satu kesempatan peserta didik untuk mengalami, menghayati situasi-situasi yang hidup dan nyata. (admin/Tgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *