KHATAMAN QUR’AN & ISTIGHOSAH UNTUK MAN 1 JEPARA

MAN 1 JEPARA — Dalam situasi masa pandemi covid 19 yang masih mewabah dan tetap patuh pada penerapan protokol kesehatan, para guru dan pegawai Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara hari Kamis tanggal 11 Februari 2021 bertepatan tanggal 29 Jumadil Akhir 1442 H mengadakan kegiatan Khataman Al-Qur’an dan Istighosah yang dilaksanakan di masjid “Quba” MAN 1 Jepara. Kegiatan dimulai tepat pukul 11.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, yang dihadiri oleh seluruh pengurus Komite MAN 1 Jepara.

Sebagaimana pers rilis koordinator kegiatan H. Achmad Shokip, S.Ag, M.S.I sekaligus sebagai Staf Bidang Keagamaan dan Humas, menyampaikan bahwa kegiatan Khataman Al-Qur’an dan Istighosah ini diselenggarakan dalam rangka sebagai bentuk rasa syukur seluruh sivitas akademika dan warga MAN 1 Jepara kepada Allah SWT atas atas capaian prestasi dan kemajuan yang diraih oleh MAN 1 Jepara di awal tahun 2021 pada Semester Genap Tapel 2020/2021, diantaranya adalah :

  1. Sebagai satuan kerja (satker) terbaik dari 434 satker di lingkup Kanwil. Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dalam Monitoring Nilai Kinerja pada Aplikasi SMART oleh Kementerian Keuangan RI,
  2. Memborong 8 (delapan) medali kejuaran lomba Kompitisi Sain Indonesia (KSI) oleh POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia),
  3. Lolosnya Penilaian Pendahuluan PMPZI ke tahap penilian selanjutnya oleh Tim Balitbang dan Menpan RB RI menuju Madrasah berzona integritas yang WBK dan WBBM bersama 28 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se Indonesia.
  4. Selesainya Pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu Tiga Lantai MAN 1 Jepara yang bersumber dari SBSN Kementerian Agama RI.

Hal ini dipertegas lagi oleh Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN, S.Ag, M.Ag saat memberikan kata sambutan dalam rangkaian acara Kegiatan Khataman Al-Qur’an dan Istighosah. Rif an menuturkan bahwa “Sepantasnya kita kelurga besar MAN 1 Jepara menyampaikan rasa syukur terima kasih kepada Allah SWT, atas nikmat yang diberikan kepada kita semua dan khususnya madrasah kita ini berupa banyak kemajuan dan perkembangan baik dalam bentuk prestasi siswa meliputi bidang akademik dan non akademik, prestasi guru, dan dalam bentuk penghargaan diantaranya ditetapkannya MAN 1 Jepara sebagai Satker TERBAIK se Kanwil. Kementerian Agama Jawa Tengah dalam bidang pengelolaan menajemen dan masih banyak lagi”, ungkap Rif an dalam sambutannya.

“Serta kegiatan keagamaan ini, sebagai wujud permohonan agar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara lebih baik dan lebih berkah lagi, para siswa-siswinya senantiasa memiliki perilaku dan habituasi islami, akhlaqul karimah, kecerdasan intlektual, kecerdasan emosional, banyak alumni siswa kelas XII yang lolos diterima kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit, serta para guru dan pegawai diberikan kesehatan, kekuatan lahir batin, rasa semangat, kompak (solid). Sedangkan yang dalam kondisi sakit, Allah SWT segera menyembuhkan, menyehatkan, menguatkan untuk segera kembali bertugas bersama-sama kita lagi”, harapan dan doa Rif’an yang langsung diaminkan oleh para hadirin dan jama’ah semua.

Sementara Wakamad. Bidang Keagamaan dan Humas yang sekaligus menjabat sebagai Nadhir Masjid Quba MAN 1 Jepara Drs. Kyai Akhmad Yazid, MM, menjelaskan tentang rincian rangkaian kegiatan Kahataman Al-Qur’an dan istighosah ini meliputi: Pembacaan Surat Yasin 41 kali dibaca oleh Tim Pengurus Komite yang dipimpin Bapak H. Roisul Falah, M.Si (selaku Ketua Komite),  Khataman Qur’an sebanyak 2 kali khatam dalam satu majlis dibaca oleh semua guru dan pegawai dan untuk istighosahnya dipimpin oleh saya sendiri”, kata Kyai Yazid.Al-hamdulillah semoga acara Khataman dan Istighosah ini diridhai oleh Allah SWT dan barakahnya untuk lembaga madrasah, para siswa, guru dan pegawai. (admin/skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *