MAN 1 JEPARA TERIMA KUNJUNGAN STUDI BANDING MAN 2 WONOSOBO

MAN 1 Jepara – Suasana penuh suka cita mewarnai hari Senin, 15 Februari 2021, pasalnya civitas Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara menyambut kedatangan tamu MAN 2 Wonosobo beserta rombongan, guna melakukan agenda kegiatan studi banding dan silaturrahim.

 Rombongan MAN 2 Wonosobo dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah H. Prihantoro Achmad, S.Pd, M.Pd.I bersama  11 orang meliputi para Wakamad., Ka TU, Bendahara dan ikut serta dalam rombongan Kasi. Bimas Islam Kankemenag. Wonosobo, langsung disambut dengan hangat oleh Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN, M.Ag beserta jajaran.

Selanjutnya rombongan tamu diarahkan menuju ke ruang multi media MAN 1 Jepara guna melanjutkan agenda seremonial dengan tema “Sambut Tamu MAN 2 Wonosobo Dalam Rangka Studi Banding di MAN 1 Jepara” tepat pukul 10.00 WIB acara dimulai dengan dipandu MC Achmad Shokip, S.Ag, MSI selaku Staf Bidang Humas dan Keagamaan MAN 1 Jepara, acara berikutnya sambutan dan penyampaian maksud, tujuan studi banding oleh Kepala MAN 2 Wonosobo.  H. Prihantoro Achmad, S.Pd, M.Pd.I. menyampaikan tujuannya bersama rombongan ke MAN 1 Jepara adalah untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai bagaimana tatacara manajemen mengelola Madrasah agar bisa seperti yang sudah dilakukan oleh MAN 1 Jepara mulai dari pengelolaan sarana prasarana, Akademik dan Non Akademik, kesiswaan, keagamaan dan khususnya adalah tatakelola bantuan SBSN yang akan diterima oleh MAN 2 Wonosobo di tahun 2021 ini untuk pembangunan Laboratorium Terpadu seperti yang sudah diterima lebih duluan oleh MAN 1 Jepara”, tutur Prihantoro.

“Selain tujuan studi banding, yang paling utama adalah dalam rangka silaturrahim karena kita adalah sama-sama MAN sehingga kita bisa saling sharing bertukar fikiran terhadap program madrasah untuk kemajuan menuju madrasah yang hebat bermartabat”, ungkap Prihantoro.

Acara berikutnya adalah sambutan kepala MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN, M.Ag menyampaikan “Selamat Datang di MAN 1 Jepara” kepada rombongan MAN 2 Wonosobo. Dalam pendahuluan sambutannya, Rif an menceritakan mengenai biografi kariernya secara singkat, sejak usianya 31 tahun sudah diamanahi menjadi Kepala MAN Keling (sekarang MAN 2 Jepara), usia 34 tahun menjadi kepala MTsN Bawu, hingga akhirnya menjadi Kepala MAN 2 Kudus selama hampir 12 tahun yang menjadikan MAN 2 Kudus menjadi madrasah yang sangat maju dan menjadi referensi bagi madrasah-madrasah di tingkat nasional dan mulai tahun 2018 hingga sekarang menjadi kepala madrasah di tanah kelahirannya sendiri hingga pensiun”, papar Rif an.

Selanjutnya Rif an memaparkan progres MAN 1 Jepara secara utuh dan lengkap serta terbuka semuanya mengenai manajemen pengelolaan madrasah, program unggulan, capaian prestasi bidang sarpras, akademik-non akademik, keagamaan, pengelolaan boarding putra-putri, pengelolaan perparkiran, area kantin, program penghijauan dan pengelolaan dana SBSN yang menjadi poin dari tujuan utama studi banding MAN 2 Wonosobo ini.

“Mengenai dana bantuan yang bersumber dari SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) yang kita terima harus dikawal dan diawasi secara maksimal proses pembangunan gedungnya. Ikuti petunjuk dan alur kebijakan yang diterapkan bagi penerima bantuan SBSN, jangan main kucing-kucingan dengan pihak terkait ikuti prosedur dengan semestinya. Agar kualitas dan target pembangunan gedung tersebut berjalan lancar sesuai planning”, tegas Rif an.

Silahkan Bapak/Ibu rombongan dari MAN 2 Wonosobo bertanya sedetail-detailnya kepada kami baik ke saya selaku KPA, para Wakamad., Ka TU, Pihak PPK pembangunan Lab. Terpadu MAN 1 Jepara, dan Silahkan untuk kunjungan atau keliling (OL) ke ruang/gedung MAN 1 Jepara ini,  agar ilmu, data dan informasi secara lengkap bisa diperoleh untuk dibawa pulang ke Wonosobo dimplementasikan guna kemajuan dan perkembangan MAN 2 Wonosobo”, kata Rif an mengakhiri sambutan dan presentasinya. Dalam acara ini pula dilakasanakan dialog, tanya jawab dari semua perwakilan rombongan ke pihak steakholder MAN 1 Jepara secara hangat, terbuka dan penuh familier. Dilanjutkan acara penyerahan cinderamata ke masing-masing madrasah dan berfoto bersama sebelum melakukan OL ke semua penjuru gedung, ruangan dan sarpras lainnya.

Disela-sela OL, Kamad MAN 2 Wonosobo diwawancarai oleh Tim Jurnalistik Rainbow MAN 1 Jepara mengatakan, “Kekaguman dan rasa bangganya bisa melihat secara dekat langsung di lokasi MAN 1 Jepara ini, banyak hal yang dapat kami ambil sebagai oleh-oleh ilmu yang sangat berharga dan untuk diterapkan pada madrasah kami terhadap semua bidang saat kami kembali ke Wonosobo. Dan kami sampaikan terima kasih setulus-tulusnya kepada MAN 1 Jepara telah memperkenankan kami untuk melakukan studi banding hari ini”, tutur Prihanto.(admin/skp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *