MAN 1 JEPARA BORONG MEDALI KEJUARAAN LOMBA KSI POSI 2021

MAN 1 JEPARA—Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara semakin hari – semakin terbukti di era kepemimpinan Drs. H. AH RIF AN, M.Ag yang memasuki tahun ke-4 ini. Pasalnya tiada hari tanpa torehan prestasi baik mencakup kinerja manajemen kelembagaan, prestasi akademik dan non akademik. Misalnya, dua hari yang lalu tepatnya tanggal 9/2 MAN 1 Jepara  dikukuhkan sebaga Madrasah Terbaik di lingkup Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah oleh Kementerian Keuangan RI tentang Monitoring Nilai Kinerja pada Aplikasi SMART, dan sekarang kembali lagi di bidang akademik, siswa-siswi MAN 1 Jepara memborong medali sebanyak 8 buah kejuaraan pada jenis lomba KSI (Kompetisi Sains Indonesia) yang diselenggarakan oleh POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia).

Dalam Pers rilis oleh Direktur POSI, melalui lamannya cbt.posi.sch.id mengumumkan hasil perlombaan yang diselenggarakan dengan cara Daring (online) yang diikuti oleh peserta pada jenjang SMA/MA/SMK se Indonesia. Bahwa peserta dari MAN 1 Jepara mengondol 8 buah medali yang terdiri dari beberapa jenis mata/bidang lomba berikut nama-namanya, yaitu:

Misykah Auliya Ghifara (Kelas XI MIPA-3) Mapel Biologi Medali Emas;

Nisrina Nahda (Kelas X MIPA-5) Mapel Fisika Medali Perak;

Shofiana Norlaili (Kelas XI MIPA-3) Mapel Kimia Medali Perak;

Dimas Yudha Saputra (Kelas XI MIPA-3) Bidang Komputer Medali Perak;

Khoirina Afrilia Kelas XI MIPA-3) Bidang Komputer Medali Perak;

Fransiska Dwi Amila (Kelas XI MIPA-4) Mapel Ekonomi Medali Perak;

Sakinatul Mufadah (Kelas XI MIPA-4) Mapel Matematika Medali Perunggu;

Finda Febriana (Kelas X MIPA-3) Bidang Kebumian Medali Perunggu;

Kepala MAN 1 Jepara Drs. H. AH RIF AN, M.Ag., melihat hasil capaian prestasi yang dipersembahkan oleh para siswa dan para mentor (baca: guru pembimbing), Rif’an mengatakan “Saya selaku pimpinan merasa bangga, senang dan bahagia bahwa di awal tahun dan awal semester genap tahun pelajaran 2020/2021 ini, kalian kembali mengukir prestasi, mengharumkan nama madrasah sekaligus membuktikan bahwa MAN 1 Jepara sebagai Madrasah yang sangat diperhitungkan keberadaannya baik secara manajerial lembaga, akademik dan non akademik pada level nasional bahkan internasional” papar Rif’an dengan ekspresi wajah sangat optimis.

“Maka sangatlah wajar kalau saya mencanangkan slogan atau pameo “MAN 1 Jepara, Berikhtiyar Kelas Dunia” atau dengan #berikhtiyarkelasdunia, yang pencanangannya saat acara evaluasi akhir tahun 2020 bersamaan dengan syukuran gedung baru “Laboratorium Terpadu”, alasannya karena MAN 1 Jepara sekarang perubahannya sangat signifikan dari segi infrastrukr, sarana prasarana ibadah, sarana olahraga,  dll, juga capaian prestasi yang jumlahnya sangat banyak baik dari unsur Pendidik maupun para siswa”, terang Rif’an.

Sementara Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Tafrikan, S.Pd saat diwawancarai Tim Humas, Tafrikan mengaku sangat bersyukur yang tak terhingga kehadirat Allah SWT, karena dalam kondisi memperihatinkan dengan wabah covid 19 saat ini kita para pendidik MAN 1 Jepara masih tetap eksis memberikan pelayanan yang optimal dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring (dalam jaringan) kepada seluruh para siswa dengan metode dan perencanaan pembelajaran yang akurat.

“Khususnya bagi Bapak/Ibu Pembimbing yang tergabung dalam MSC (Mansara Sains Club) dengan jurus dan strategi jitunya dalam membimbing, mengarahkan, melatih para siswa binaannya sehingga memperoleh 8 medali dalam event KSI POSI tahun 2021 kali ini”, ungkap Tafrikan.

Perwakilan Guru Pembimbing Subiyati, S.Si (Pengampu Mapel Biologi, dengan persembahan istimewa berupa medali emasnya) saat ditemui staf humas Achmad Shokip di sela-sela kegiatan PJJ di ruang guru menuturkan, “bahwa talenta dan kompetensi yang dimiliki para siswa binaannya khususnya mata pelajaran Biologi, sesungguhnya mereka sangat cerdas, pintar (smart) dan tekun. Kita para guru pembimbing tinggal memberikan bahan atau materi esensi dan kumpulan latihan soal kepada mereka untuk dipelajari dan dikuasai. “Dengan modal kecerdasan yang dimiliki para siswa, selanjutnya guru mencarikan strategi untuk memudahkan menguasai materi bahan ajar dengan harapan mereka sangat cepat dan akurat dalam menyelesaikan soal-soal latihan yang dihadapi pada saatnya lomba” ujar Subi panggilan akrabnya, sambil tersenyum mengatakan “ini sebetulnya rahasia kita Tim Mapel Biologi”. (admin/skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *