KINI, GILIRAN AGENDA PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) DI MAN 1 JEPARA

Jepara – Agenda Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang dilakukan oleh Bidang Penmad. Kanwil Kemenag provinsi Jawa Tengah dan Team kepada Kepala MAN 1 Jepara hari ini (Jum’at, 7/8) berlangsung di Ruang Multi Media di MAN 1 JEPARA.

PKKM adalah merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan. Rangkaian kegiatan PKKM di MAN 1 JEPARA ini dilaksanakan mulai pada Rabu (05 Agustus 2020) s.d. Jum’at (07 Agustus 2020) bertempat di ruang multi media madrasah. Dalam kegiatan PKKM ini dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan sambutan Kepala Madrasah tentang program dan capaian madrasah. Kemudian kegiatan dilanjutkan oleh Tim Penilai PKKM dari Kemenag Provinsi Jawa Tengah, yaitu Bapak Kepala Bidang Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Bapak AH Saifullah, Ibu Kasi Penma Kabupaten Jepara, Ibu Lutfiah dan Unsur Pengawas Madrasah, Komite, Tenaga Pendidik & Kependidikan. dengan penilaian per komponen penilaian kinerja.

Kepala MAN 1 Jepara, H. AH Rif an menjadi Kepala pada MAN 1 Jepara periode ini terhitung mulai Januari 2018. Dalam menjalankan tugas kedinasan beliau mengacu pada regulasi yang ada. Selain itu prinsip “5 Nilai Dasar” dijadikan pegangan untuk menata madrasah.

“Selain itu, ada program Habituasi Prilaku Islami yang sering saya tanamkan kepada seluruh civitas akademika MAN 1 Jepara baik itu unsur pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik, harus menanamkan konsep tersebut dalam kehidupan, khususnya dalam lingkungan madrasah.” Tutur H. AH RIF AN dalam pemaparan sub. bagian managerial madrasah.

Pada awal masuk madrasah beliau segera melakukan penataan Infrastruktur lingkungan madrasah, menangani pembangunan gedung Asrama Putri yang sempat terjadi masalah pada rekanan, pengelolaan parkir untuk pembangunan tempat ibadah (masjid kuba’) yang saat ini sudah mampu menampung semua civitas akademi MAN 1 Jepara yang kurang lebih 1300 jamaah, pembangunan sport center, peremajaan kantin madrasah, membangun gapura barat untuk akses masuk nantinya, membangun asrama putra. Dan sebagai next project adalah pembangunan gedung laboratorium terpadau yang dibiayai oleh SBSN pada tahun anggaran 2020, dan kami mohon restu agar dalam pembangunan yang estimasi akhir tahun ini harus sudah jadi dan dapat digunakan. Semoga dapat terwujud dan berjalan lancar.

Sedangkan aspek dalam PKKM adalah (1). Usaha Pengembangan Madrasah, (2) Pelaksanaan Tugas Manajerial, (3) Pengembangan Kewirausahaan, (4) Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan dan (5). Prestasi madrasah. Hal ini mengacu pada Surat keputusan Dirjen Pendis Kementerian Agama Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah sebagai bentuk implementasi PMA Nomor 24 Tahun 2018 tentang Kepala Madrasah. Pada regulasi tersebut, mensyaratkan adanya penilaian terhadap kepala madrasah. Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang, atau kurang.

“PKKM sebenarnya memotret tugas guru dan pegawai di satuan kerja masing-masing madrasah berdasarkan kepemimpinan Kepala Madrasah, sekaligus untuk mempersiapkan Akreditasi pada tahun yang akan datang. Dengan regulasi yang baru terkait dengan penilaian kinerja kepala madrasah dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi kepala madrasah. Semoga dengan kegiatan PKKM di MAN 1 Jepara tahun 2020 bisa memberikan manfaat dan kinerja kepala madrasah dapat lebih meningkat sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan bisa membawa pengembangan mutu pendidikan madrasah,” tutur Tafrikhan selaku salah satu penilai dalam PKKM saat ini . (admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *