SATU LAGI PRESTASI MAN 1 JEPARA, JUARA 2 SE-INDONESIA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

INFO MAN 1 JEPARA – Satu lagi prestasi yang cukup membanggakan bagi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara. Dan ini merupakan prestasi yang cukup prestisius. Betapa tidak, di tengah situasi pandemi covid 19, Sukmawati Berlian Susanti kelas XII/IPS 3 memenangkan medali perak (silver medal) di Liga Olimpiade Pelajar ke-16. Sukmawati mendapat juara ke 2 untuk mata pelajaran Sosiologi se-Indonesia. Tidak hanya itu, Sukmawati juga mendapatkan gelar juara ke 4 pada mata pelajaran Sejarah.

Liga Olimpiade Pelajar adalah sebuah ajang kompetisi rutin yang diselenggarakan oleh Club Olimpiade, Organisasi Independen Pemerhati Pendidikan yang didukung oleh Fakultas MIPA USU (Universitas Sumatera Utara). Olimpiade ini berlangsung secara Daring pada Minggu, 9 Agustus 2020. Sedangkan untuk hasil Liga Olimpiade Pelajar ke-16 se-Indonesia secara resmi diumumkan pada 11 Agustus 2020 melalui website Club Olimpiade, melalui laman www.clubolimpiade.com. 

Persaingan di ajang ini dapat dikatakan sangat ketat, karena hampir semua sekolah unggulan baik yang ada di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi ikut memeriahkan ajang yang cukup bergengsi di bidang Sosiologi ini.

Sukmawati, mengikuti olimpiade ialah untuk mengasah dan melatih kemampuan diri dalam belajar. Sukmawati juga mendapat dukungan langsung dari orang tua, keluarga, juga guru apapun hasil akhirnya. Alhamdulillah karena usahanya, Sukmawati akhirnya mendapatkan apa yang ia inginkan. Sukses untuk Sukmawati, yang tetap menggali potensi di masa pandemi. Semoga selalu menjadi sosok inspirasi bagi siswa-siswi lain.

Menanggapi perolehan prestasi dari siswa yang biasa dipanggil Sukmawati ini, Kepala MAN 1 Jepara, Bapak Drs. H. AH RIF AN, M.Ag, beliau tak mampu menyembunyikan rasa Senang dan bahagianya. Beliau mengaku sangat bangga dengan prestasi tersebut. Kepala Madrasah yang dikenal visioner ini selalu mengatakan, “Teruslah mencari event-event penting baik event Lokal, Nasional maupun Internasional, karena kita akan dapat mengukur kompetensi siswa dengan tepat jika ada lomba yang kita ikuti”, ungkapnya.

Lebih dari itu, selaku guru pembimbing, Iswati, S.Ag  mengatakan, “Dengan kesungguhan kerja ikhlas, kerja cerdas dan kerja keras (proses tidak akan mengkhianati hasil) tidak ada yang tidak mungkin dan Al-Hamdulillah, akhirnya memperoleh prestasi sebagai juara 2 (medali perak) dalam ajang Olimpiade Sosiologi ke-16 Se Indonesia ini. Siswa sudah menunjukan hasil dari usahanya selama ini”, pungkasnya.Semoga Prestasi in sebagai sarana motivasi dan Spirit bagi siswa-siswi dari program IPS di masa yang akan datang, bahwa anak-anak IPS juga Hebat dan Bermartabat. (admin/Skp,Iffah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *