LAGI, PRESTASI MAN 1 JEPARA RAIH 11 MEDALI TINGKAT NASIONAL

INFO MAN 1 JEPARA – Di awal tahun pelajaran baru 2020/2021 Madrasah Aliyah Negeri 1 Jepara kembali mengukir prestasi di tingkat nasional dengan menggondol sebanyak 11 (sebelas) buah medali kejuaraan dalam Even Merdeka Science Competition (MSC) yang diselenggarakan oleh POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia) sebagaimana diikutip dari laporan hasil kompetisi yang dirilis oleh Direktur Utama POSI, Fahruroji Panjaitan. Dalam rilisnya mengatakan “Even Merdeka Science Competition (MSC) ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-75” dengan tujuan memfasilitasi siswa/i untuk berprestasi dan menjadi sarana evaluasi terhadap kemampuan siswa di tingkat SMA/MA.

Keputusan pemenang MSC ini diumumkan pada Minggu, 30 Agustus 2020 Pukul 08.00-12.00 WIB dengan sistem online. Sesuai dengan petunjuk teknis MSC, ada beberapa medali untuk diperebutkan, terdari dari 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu. Namun, untuk nilai yang sama akan mengikuti rank diatasnya sehingga jumlah pemenang bisa saja lebih dari 30.

Pada ajang MSC ini, MAN 1 Jepara berhasil memboyong sebanyak 11 medali. Kesebelas medali yang diraih oleh siswa siswi diantaranya: 1 medali emas, 3 medali perak, dan 7 medali perunggu dengan perincian bidang lomba meliputi : 1 emas dan 1 perak untuk bidang komputer; 1 perak dan 1 perunggu untuk bidang astronomi; 1 perak dan 1 perunggu untuk bidang kimia; 2 perunggu bidang kebumian; 2 perunggu bidang ekonomi, dan 1 perunggu bidang geografi.

Wakamad Bidang Kurikulum Tafrikan, S.Pd mengatakan “Al-Hamdulillah bersyukur kehadirat Allah SWT dan terima kasih untuk anak-anak atas prestasi yang diraih. Sebelas medali itu adalah wujud kerjasama dan keseriusan kita menuju madrasah hebat madrasah bermartabat. Ke depan, kami mengharapkan anak-anak tetap konsisten dan lebih meningkatkan kompetensi diri untuk tidak merasa puas dengan torehan prestasi ini. Walaupun kita dalam suasana mewabahnya pandemi Covid-19 jangan menjadikan kita patah semangat, tatapi jadikan kondisi ini untuk tambah giat lagi dalam latihan dan belajar di rumah serta tetap memperbanyak ibadah sekaligus berdoa kepada Allah SWT.

Wabah virus corona (covid-19) yang melanda lebih dari 200 Negara di Dunia telah memberikan tantangan tersendiri bagi mereka dalam persiapan keikutsertaan lomba. Pembinaan yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, sekarang harus mengikuti paradigm baru dengan pembinaan online atau via internet. Namun, berkat kemandirian dan keseriusan belajar yang mereka jalani, Alhamdulillah 11 medali mereka persembahkan untuk Madrasah. Lanjut Tafrikan, S.Pd.

Sementara itu, Dimas Yudha Saputra siswa kelas XI MIPA peraih medali emas bidang komputer saat ditemui Koordinator Tim Akslerasi Virtual MAN 1 Jepara H.Achmad Shokip, S.Ag, MSI. Dimas menuturkan kekhawatirannya tidak lolos dalam perlombaan ini. “Sebenarnya saya khawatir tidak lolos dalam perlombaan ini Pak. Biasanya kami dibina secara langsung oleh bapak ibu guru, sekarang kami harus betul-betul belajar mandiri. Saya merasa lebih tenang jika dibimbing secara langsung. Untuk itu, saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru yang telah mendampingi kami dalam belajar” tutur Dimas.

Keberhasilan siswa-siswi MAN 1 Jepara dalam ajang perlombaan MSC tingkat nasional ini menjadi warna tersendiri dalam memajukan pendidikan di Indonesia khusunya pendidikan di Madrasah menuju “Madrasah Hebat dan Madrasah Bermartabat”. (admin/Tg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *